Standardized Nursing Language (SNL)

21 03 2009

STANDARD NURSING LANGUAGE atau disingkat SNL adalah standar “kosa kata / bahasa” untuk mendiskripsikan apa yang telah dikerjakan oleh perawat.

Ini merupakan kesempatan besar bagi perawat karena beberapa alasan :

  1. Menjawab pertanyaan lama : apa yang sebenarnya dikerjakan perawat selama ini?
  2. Membuat hal hal yang selama ini tidak terlihat menjadi terlihat, dalam pemberian asuhan keperawatan
  3. Merupakan alat yang sistematis untuk belajar intervensi keperawatan, menjelaskan apa yang sebenaranya dilakukan oleh perawat, dan dapat mendeterminasi apa kontribusi perawat bagi keberhasilan pasien dalam perawatan
  4. Sebagai dasar dokumentasi keperawatan dalam computerized medical record

Bagaimana SNL melakukan itu semua?

Perawat merupakan “information-intensive profession”, mampu dalam mendiagnosis dan treatment terhadap respon manusia ketika sakit, pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. Tetapi kata-kata yang digunakan oleh perawat untuk mendiskripsikan apa yang dilakukan dalam proses keperawatan dan dokumentasi sangat TIDAK KONSISTEN.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh staf pengajar PSIK FK UGM Yogyakarta Khudazi Aulawi dkk yang disampaikan dalam sebuah seminar, setidaknya ada 15 variasi bahasa yang digunakan oleh perawat untuk mendiskripsikan satu masalah yang sama.

Beliau mencontohkan : Untuk masalah keperawatan Nyeri, ada yang menggunakan kalimat : Gangguan Rasa Nyaman, Gangguan Rasa Nyaman Nyeri, Ketidaknyamanan, Gangguan Nyeri dll.

Begitupun ketika menulis tujuan, hal yang sama juga terjadi. Contoh : Setelah dilakukan tindakan perawatan 3 x 24 jam:

Pasien melaporkan nyeri berkurang

Ekspresi wajah rileks

Skala nyeri pada rentang 1-3 dari rentang 1-10

Tanda-tanda vital dalam batas normal

Point-point yang banyak tersebut, berbeda-beda untuk setiap perawat. Tragis lagi adalah ketika perawat dalam satu rumah sakit, karena berbeda latar belakang pendidikan (beda alumni) kemudian gontok-gontokan merasa semua paling benar dalam sebuah diskusi. Mereka sama-sama benar, karena memang mendapatkan teori dari dosennya seperti itu.

Dari kasus-kasus itulah kita butuh mendeskripsikan nursing care dalam “bahasa” yang sama. Ada beberapa keuntungan yang akan didapat ketika kita memiliki standar bahasa yang sama.

  • Memfasilitasi continuity of patient care. Perawat A yang melakukan dokumentasi saat shift pagi, akan sama persepsinya dengan perawat B yang shift sore ketika membaca dokumen yang sama.
  • Dapat digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antar perawat dan profesi lain. Kita akan percaya diri dalam menulis dokumen kita, ketika bahasa yang kita gunakan adalah bahasa standar. Kita pun berani mempertanggungjawabkan catatan kita, tidak takut dibaca oleh teman kita sesama perawat atau oleh profesi lain.
  • Dapat digunakan oleh perawat / manajemen untuk informasi sebagai data dalam pembuatan Standar Asuhan keperawatan.
  • Dapat digunakan untuk komputerisasi
  • Dapat digunakan terintegrasi dalam kurikulum pendidikan keperawatan dalam pengambilan keputusan klinik
  • Sebagai bahan untuk penelitian keperawatan

Vocabulary yang digunakan dalam SNL adalah Nursing Diagnosis (NANDA), Nursing Outcomes Classification (NOC) dan Nursing Interventions Classification (NIC)

Ketika NANDA, NOC and NIC digunakan secara bersama-sama, maka akan mendiskripsikan tiga element the nursing process yaitu Diagnosis Keperawatan dengan NANDA, Outcomes dengan NOC dan Interventions dengan NIC.

SNL dibangun berdasasarkan pengkajian pola fungsional kesehatan (pengkajian ala keperawatan bukan pengkajian ala medis) dan bisa digunakan pada semua tipe / setting nursing care


Aksi

Information

3 responses

7 12 2010
Tarif Tindakan Perawatan « Nursing Informatic

[…] waktu, mungkin setengah atau satu tahun terakhir. Bila tarif tidakan perawatan telah mengacu pada SNL (Standar Nursing Language) tentu penghitungan dan colecting data tindakan perawatan tidaklah menjadi sulit, karena tindakan […]

11 12 2010
Tarif Tindakan Perawatan : Pokja Perawatan

[…] waktu, mungkin setengah atau satu tahun terakhir. Bila tarif tidakan perawatan telah mengacu pada SNL (Standar Nursing Language) tentu penghitungan dan colecting data tindakan perawatan tidaklah menjadi sulit, karena tindakan […]

26 02 2014
Juliana Marpaung

pelatihan ini kami butuhkan. mohon infonya pak bila kami datangkan ke daerah kami. tx kami tunggu emailnya…

Tinggalkan komentar