Sistem Informasi Keperawatan

Penggunaan catatan pasien yang terkomputerisasi (computerized patient records) yang berkembang pesat, membutuhkan bahasa yang baku dalam menggambarkan masalah-masalah pasien. Diagnosis keperawatan melengkapi kebutuhan tersebut dan membantu menetapkan lingkup praktik keperawatan, dengan menggambarkan kondisi perawat yang dapat merawat secara mandiri. Diagnosis keperawatan menyertakan pemikiran kritis dan pembuatan keputusan, serta menyediakan istilah yang dipahami secara universal dan konsisten diantara para perawat yang bekerja pada beragam tempat, termasuk rumah sakit, klinik rawat jalan, fasilitas perawatan lain, fasilitas kesehatan okupasi, dan praktik pribadi/swasta. (Doenges et al. 1999)

Pembakuan klasifikasi dalam asuhan keperawatan merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika kita bicara dalam konteks komputerisasi. Kesepakatan istilah dan terminologi akan memperbaiki proses komunikasi, menghilangkan ambiguitas dokumentasi serta memberikan manfaat lebih lanjut terhadap sistem kompensasi, penjadwalan, evaluasi efektivitas intervensi maupun sampai kepada upaya identifikasi error dalam manajemen keperawatan. Salah satu tantangan besar dalam informatika kesehatan adalah disepakatinya standar klasifikasi dan terminologi yang mencakup berbagai konsep (kedokteran, keperawatan, laboratorium, obat, patient safety, images, pertukaran data, demografis) (Suparti, 2005)

Sistem Informasi Keperawatan yang di design dalam sistem kami adalah seluruh dokumentasi yang diperlukan dalam aktifitas keperawatan di ruang rawat inap. Dokumentasi Asuhan Keperawatan tentu menjadi yang paling utama dalam sistem ini.

Selengkapnya tentang SIM Keperawatan kami adalah sebagai berikut:

1. Manajemen Asuhan Keperawatan

  1. Dokumen Proses Keperawatan yang terdiri dari Pengkajian; Diagnosa, Perencanaan, Implemetasi dan Evaluasi
  2. Dokumentasi Keselamatan Pasien (patient safety) yang terdiri dari Ketepatan identifikasi pasien; Peningkatan komunikasi yang efektif; Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai; Ketepatan pasien yang di operasi; Pengurangan resiko infeksi; Pengurangan resiko pasien jatuh. Aplikasi ini memfasilitasi dalam pengkajian pasien resiko jatuh, menampilkan dalam dashdoard monitoring pasien yang beresiko sekaligus memfasilitasi form KTD/KNC yang dikeluarkan oleh KKPRS
  3. Dokumentasi indikator mutu pelayanan  keperawatan klinik. Poin-poin indikator mutu pelayanan keperawatan adalah Keselamatan pasien (patient safety); Perawatan diri; Kepuasan pasien; Kecemasan; Kenyamanan; Pengetahuan. Agar pelaporan indikator mutu pelayanan keperawatan menjadi valid, maka sistem didesain agar data yang ditampilkan oleh sistem dapat diklarifikasi mengenai sumber data dasarnya (nama pasien, ruang, tanggal kejadian dll).
  4. Dan yang terbaru untuk saat ini adalah Dashboard Keperawatan.

2.  Manajemen Pelayanan Keperawatan

  1. Ketenagaan. Sistem didesain untuk memenuhi data base tenaga, standar ketenagaan keperawatan, pola ketenagaan, jenjang karir, perencanan pengembangan tenaga, perencanaan kebutuhan, kompetensi, rekrutmen, mutasi, rotasi, jadwal dinas, angka kredit perawat, kinerja perawat. Sistem juga mampu menampilkan pelaporan ketenagaan sesuai kebutuhan (customize).
  2. Fasilitas keperawatan. Sistem didesain untuk memfasilitasi standar peralatan keperawatan, perencanaan kebutuhan, pemakaian, mutasi dan pemeliharaan fasilitas keperawatan
  3. Metode. Sistem juga memfasilitasi Model Pelayanan Keperawatan, Standar Prosedur Operasional, Standar Asuhan Keperawatan berdasarkan Evidance Base Nursing, Pedoman pengelolaan etik, supervisi keperawatan
  4. Keuangan.  Sistem mampu memfasilitasi remunerasi tenaga keperawatan, pembiyaan pasien dari pelayanan keperawatan, analisis base costing, unit cost
  5. Laporan Rawat Inap, Rawat Jalan dan Perawatan Khusus
  6. Dokumen kinerja perawat
  7. Dokumen efisiensi pembiayaan pasien
  8. Akreditasi Rumah Sakit
  9. Dll

Bagaimana langkah implementasi SI Keperawatan? Baca selengkapnya link berikut : Implementasi SI Keperawatan

74 tanggapan

18 05 2008
Ns Efikal DS, S.Kep

Salam sejawat……….
Sebuah niat mulia, jika ini bisa diaflikasikan, Saya mendukung sepenuhnya langkah sejawat, silahkan kirim ke e-mail, apa yang musti saya bantu untuk terwujudnya mimpi ini.

Jason menjawab :
Terimakasih atas dukungannya. Alhamdulillah semua yang tertulis telah kami buat, hanya saja posting print screen Sistem Informasi Keperawatan tidak sabar. Jadi belum kami tampilkan.

27 09 2008
Ns Efikal DS, S.Kep

Salam…………….
Jika sudah terwujud, mohon bisa sebarkan dalam bentuk open source, mudah-mudahan dapat memperkayah kazanah ilmu keperawatan atau mungkin bisa dikembangkan di RS lain
TRIMS, sukses selalu……….

25 10 2008
Irfan Maulana,S.Kep, Ners

Salam sejawat…!, saya dosen pada Akademi keperawatan Intan Martapura, saya tertarik ingin mengembangkan SI, paling tidak untuk para mahasiswa saya sebagai bahan pembelajaran, nah lalu bagaimana caranya agar dapat memperoleh sofwer nya?

Jason:
Insya Allah satu atau dua bulan ke depan akan saya publikasikan Mas Irfan. Saya sedang menyiapkan segala sesuatunya agar mudah didownload. Makasih

25 10 2008
priyanto

lam kenal pak, saya tertarik dng sim keperawatannya, tapi bgmana dengan pertanggung jawaban dan pertanggunggugatan dari suatu tindakan yang terdokumentasikan oleh seorang perawat. klo tertulis tangan dapat ditandatangani. klosecara elektronik biasnya butuh digital signature. sistem login user sama pass kelihatanya nggak bisa. bgmn mengusahakanya untuk semua petugas….???
mungkin kita bisa sharing pak

jason :

Terimakasih, alhamdulillah…
Tentang aspek legal dokumentasi keperawatan komputer, mungkin mas Priyanto bisa baca Penjelasan Pasal 46 UU Praktek Kedokteran. Di sana tertulis begini : “Dalam hal kewajiban membubuhkan tanda tangan dalam Rekam Medik Elektronik dapat digantikan dengan Personal Identification Number (PIN)”.

Sehingga yang paling ideal, semua perawat memiliki PIN/User ID dan Password sendiri-sendiri yang digunakan pada saat login awal atau saat input tindakan. Konsekuensinya, kita harus keluar masuk program pada saat ganti user. Maka jalan tengah yang kami buat adalah dengan membubuhkan nama jelas dan masing-masing perawat memiliki PIN sendiri-sendiri.

29 10 2008
Irfan Maulana,S.Kep, Ners

Assalamu’alaikum Mas Jason,…! Makasih Mas atas tanggapan nya, mudah-mudahan secepatnya bisa dipublikasikan. Oia… mohon informasinya kapan/dimana lagi akan dilaksanakan seminar sekaligus workshop aplikasi SIMRS NANDA, NOC, NIK dan SAK nya? soalnya saya tertarik pengen mengikutinya.

30 10 2008
Jason

Insya Allah Hari Senin-Selasa, 2-3 Februari 2009
di Hotel Quin Garden, Baturaden, Banyumas

29 11 2008
Ramadoni

tapi penelitian terkait computerized nursing documentation di Indonesia masih sedikit yah pak Jason?? ato saya aja yang kurang sabar nyarinya, buat bahan refernsi riset saya nih… niatnya sih gak jauh2 dari computerized nursing documentation topik riset saya…
atau Pak Jason tau kemana saya harus cari penelitian tentang hal ini?
Thanks for your respond…

jason:
Mas Doni, saya punya 1, kebetulan hasil penelitianku 2006 saat revisi Sistem Informasi Keperawatan yang ketiga. Di Perpustakaanku ada lagi dua atau tiga sebenarnya, tapi semua hard copy. Sekarang aku dengan beberap temen juga sedang penelitian lagi terkait hal yang sama. Kebetulan ada donasi.

Main deh ke Banyumas ya? Ato kontak aku aja. Sering lho aku ke Jakarta, hampir tiap bula. Ntar aq bawain hasil penelitianku.

2 12 2008
priyanta

pak jason beri tipsnya dong biar sim di rs bisa jalan. kebetulan di rs saya ada sim yang integrated dng documentasi kpwt, walaupun ngak nanda nic noc. tapi karena berbagai macam hal nggak jalan. salut buat rsu banyumas & pak jason. btw share juga dong tentang programingnya apa bahasa pemrogramannya, data basenya. dll terimakasih

jason:
Sip deh kalau dah ada SIM nya. Brarti tinggal njalanin kan? beberapa tips yang mesti ada al :
1. Harus ada Hardware. Dan di tempat mas Priyanta dah ada. Brarti ga perlu diribedin.

2. Harus ada Software. dan di tempat mas Pri juga dah ada. Tinggal software yang dipakai familiar dengan User atau tidak. Yang penting juga, komputer kan untuk mempermudah pekerjaan. Jadi kalau software nya bikin ribet dan bikin susah, yang ga bisa jalan.

3. Harus ada Brainware. Orang menyebutnya Mindset. Ini yang lebih penting dari semuanya. Setiap program, kegiatan, aktifitas ataupun namaya, kalau tidak diawali oleh sebuah kesadaran, rasanya susah untuk bisa jalan. Maka dalam setiap presentasi saya tentang SI Keperawatan, tentang NANDA NIC NOC, tentang Jasa Perawat dll, saya selalu mengawalinya dengan materi “Proses Berubah”. Dengan konsep ini, resistensi walaupun ada, prosentasenya relatif kecil. Maka, kamipun tidak hanya membuat software dan menyediakan hardware, tapi kami uga punya training yang lain semacam Spiritual Journey Training (baca di blog komite perawatan), Spirits Corner Training, Achievment Motivation Spiritual Training dll.

4. Harus ada skill (ketrampilan). Jadi setelah memiliki semangat, kemauan dan merasa membutuhkan komputerisasi, user musti harus ditraining. Dan ini butuh kesabaran luar biasa lho. Kami bisa seperti saat ini juga telah mengawalinya dari 10 tahun yang lalu lho (1998).

Tapi tenang saja. Kami siap membantu bagi yang membutuhkan kok. Bahkan sampai pada perbaikan software pun kita siapkan. Kami memiliki Team mas Priyanta. Saya tidak sendirian. Butuh cukup orang yang terlibat untuk urusan sistem seperti ini.

Program kita under Windows dengan Program Delphi, dengan Sql Server.

27 01 2009
Ns Efikal DS, S.Kep

Salam Pak Jason, mohon kiranya kita bisa saling berkirim pesan tentang SI, saya ingin lebih banyak lagi belajar, kebetulan di RS kita sudah menggunakan billing SIMRS. TKS

jason:
Bagus tuh… boleh kok ga pp. Kemarin juga beberap RS datang ke Bms, dan responnya rata-rata bagus kok.

18 03 2009
munazar, S.Kep

saya dosen di akper depkes meulaboh, senang sekali saya mendengar program ini. mudah-mudahan kedepan bisa diterapkan disemua rumah sakit, ini memerlukan sosialisasi yang bagus, mungkin kita bisa belajar dari perkembangan linux yang luar biasa saat ini. saran saya agar program ini bisa dalam bentuk open source agar nantinya bisa dikembangkan oleh siapa saja untuk lebih sempurna, nantinya akan tercipta distro-distro sistem informasi keperawatan yang bermacam-macam tergantung kebutuhan pengembangnya dan permintaan. ini saja dari saya. bravo untuk tim pengembang SIK!

jason:
amieen…

24 03 2009
Daffa

Wah saya salut dgn rsu bms. Susah lho cari rs yang mau jalanin IT. Tapi kalo blh tau Simrs nya itu buat sendiri or develope dari phk lain?

jason:
Develope pihak 3, selanjutnya bersama-sama. Kami punya progremer 2 dan analis system yang terus mengembangkan.

16 04 2009
nurul bandung

makin penasaran aja nih……..i will keep triying .keep in touch mr.jason

5 05 2009
TITI

ada silabus untuk s1 keperawatannya tidak?mohon dikirim kalo ada, suwun…..

jason:
Ga ada Bu…

6 08 2009
yanti

Salam kenal Pak Jason, Pak mohon bantuannya apakah masih mempunyai SOP ttg menyuntik shg dpt membantu saya karena sesdh 10 thn bekerja ini buku2 sekolah saya sdh lama tertumpuk dan sekarang diperlukan utk catatan resmi diklinik saya.

Salam hormat
Yanti

jason:
Adu maaf Mba Yanti, kalau di RS ku dah gak ada SOP menyuntik. Adanya Administrasi Medikasi: Parenteral. Karena kita dah pakai Standar Bahasa Keperawatan. Kalau mau yang ini, boleh nanti aku emailkan.

2 09 2009
prima

jason saya mau tanya ttg buku pedoman pelayanan perinatal pada rumah sakit umum kelas C dan D,Direktorat Jendral Pelayanan Medik,Dep-kes.RI dan perkumpulan perinatologi indonesia, jakarta 1991,edisi pertama kita mau akreditasi persti. mohon bantuaannya

2 10 2009
Ns. Oky

Salam Sejawat.. terima kasih atas kemudahan yang diberikan.. tapi apakah anda mempunyai software Nursing MIS full version, agar kita dapat mendownloadnya.. Terima kasih..

jason:
File cukup besar dan data master juga terpisah, silakan download di file “informasi paket SI Keperawatan

13 10 2009
arif adi setiawan

assalamulaikum wr wb,saya arif adi setiawan dari stikes surya global yogyakarta..jadi jelasnya calon kegiatan saya ini,
kegiatan ini bernama nursing carnaval dengan tema “SUKSES ASKEP”QU SEMBUH PASIEN”QU”,knapa disebut demikian karena kegiatan yang kami adakan ini tidak hanya 1.
mengambil latar belakang kami melakukan PKL bulan-bulan kemaren yang ternyata askep di rumah sakit itu rata22 dari rumah sakit yang kita pakai buat PKL askepnya ancur-an.’
nah di balik keprihatinan itu kami pengen mengadakan kegiatan yang bisa memacu kami sebagai calon perawat agar dapat menjadi agen of change dari hal22 tersebut ,
kegiatan pertama askep Competition tingkat se_DIY insya allah bila tembus kita akan memperebutkan piala Gubernur….
kemudian kita tutup acara tersebut dengan SEMINAR NASIONAL,Insya allah 20 Desember 2009,
nah di sini kita rencana pake 3 pembicara
1. Prof ely
2.Bapak jason
3. salah satu perawat Jogja International Hospital,yang pernah bekerja di luar negeri.
begitu pak penggambaran say tentang kegiatan kitaaaaa,,,
untuk proposal dan segala mancamnya nanti kita kirim menyusulll……
terima kasih.wassalamulaikum.wr.wb

21 12 2009
Tarjo

Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam Kenal Pak Jason.
Saya salah satu mahasiswa poltekkes Jogja yang beberapa waktu yang lalu melakukan kunjungan ke RS tempat Pak Jason bekerja dan mendapat sedikit ilmu dari bapak, meskipun sedikit aku yakin akan sangat bermanfaat dan mungkin berdampak yang luar biasa bagi saya….semoga..Amin….
Saya sangat tertarik dengan apa yang bapak sampaikan mengenai pemikiran serta ide-ide dan apa yang telah bapak perbuat demi kemajuan profesi keperawatan.
Wassalammualaikum wr.Wb

jason : makasih atensinya mas. asal mau bersama sama, insyaAlloh tidak ada yang tidak bisa.

22 12 2009
Rahayu

Assalammualaikum….
Yth. Bp Jason
Perkenalkan saya seorang perawat yang saat ini bekerja disebuah RS swasta di wilayah klaten..
saya pengen mengetahui lebih banyak tentang SoNL, bapak bisa bantu memberi referensi buku buku yang berisi tentang SoNL tentunya yang berbahasa indonesia.
terimakasih.. atas bantuannya.
Wassalammualaikum…..

jason: waalaikum sallam….
saya belum menemukan buku yang berisi SNL dalam bahasa Indonesia. Bahasa Inggris pun juga paling copy an. Ada beberapa yang asli, tapi milik pribadi.
Mungkin pembaca lain ada yang bisa membantu mba Rahayu? Tapi silakan kunjungi web saya : http://www.sopperawatan.webatu.com

2 01 2010
SISTEM INFORMASI KEPERAWATAN « Melisaissimple's Blog

[...] Januari 2, 2010 · Disimpan dalam Uncategorized Sistem Informasi Keperawatan [...]

3 01 2010
3 01 2010
sistem Informasi Keperawatan « Yuli Dwi Tratiwi's Blog

[...] leave a response Sistem Informasi Keperawatan [...]

4 01 2010
Tulisan Sederhana Tentang Komputer Dalam Keperawatan « Oktorinanina's Blog

[...] II.Sistem Informasi Keperawatan [...]

4 01 2010
4 01 2010
sistem informasi keperawatan « Fitrisusiana's Blog

[...] sistem informasi keperawatan By fitrisusiana Sistem Informasi Keperawatan [...]

4 03 2010
syamsul

senang sekali dengan komputerisasi dlm bidang kweperawatan khususnya mengenai pendokumentasian . blh gak ya pak kami mengadopsi sistem yang serupa seperti di tempat bapak. pada saat awal penerapan apa tantangan terberatnya pak

jason : Silakan di adopsi mas. Boleh saja. Tantangan terberatnya adalah saat membuat sistemnya

16 03 2010
deni

sekarang udah bisa di download pak???? sistem ini bagus untuk membantu perawat dalam tugasnya mengingat tugas yang sangat banyak

jason: sudah, file demonya.

18 04 2010
retno k

Ass. mas Jason, smg blm lupa sama aku. saya sangat salut dgn SIK yang dikembangkan di RS BM. Selamat ya…saya sangat tertarik untuk penelitian tesisku nanti, apa yang mesthi saya siapkan ya ? mohon kiranya mas Jason bisa membantuku. terima kasih ya. salam tuk teman2 di Banyumas.

jason: memang apa yang mau diteliti Mba?

1 05 2010
imron46

Jika memang ada atau memiliki skema terkait Sistem Informasi Keperawatan maka kami akan membantu pengembangan open source

15 05 2010
herman sahrial,Skep,Ns

Assalamialaikum mas,

Saya kebetulan kerja di RSUP Haji Adam Malik dan mengajar di Akper Harapan Mama Medan, begitu saya buka tulisan ini saya merasa baru ketemu sesuatu yang selama ini saya cari-cari. Selama ini saya sering menyuarakan tentang software ini walaupun saya belum pernah melihat barangnya, dan walaupun masih angan – angan. saat saya membicarakan perubahan ke teman-teman di RS, para dosen maupun mahasiswa saya selalu membicarakan software. ini baru saya melihat barangnya,
saya sangat menginginkan software ini karena saya ingin merubah persepsi teman-teman kita.

15 05 2010
Jason

silakan simak demonya, tapi itu edisi 2006. Saat ini sudah kita rubah 2 kali.

16 05 2010
joko

salam sukses ya mas dari temen sejawat dikediri

19 05 2010
bambang sunaryo

mas, gimana cara mendapatkan sim rs?

19 05 2010
Jason

Buat pribadi atau RS Mas? Nanti sy kirimkan product featur via e mail ya?

26 05 2010
bambang sunaryo

buat file saya,, kebetulan saya tertarik dengan informasi ini

10 06 2010
Jufry

assalamualaikum..
saya mahasiswa kep. sedang mencari materi implementasi kep. yang spesifik dan up to date,,
ada atu tau alamat web’y gak???
trim’s..

17 06 2010
andi minhajuddin S.Kep

sangat menyukai postingan ini.
softwarenya udah jadi blum pak. (open source)

jason : sudah, dari tahun 1998, sudah 6 kali revisi. Edisi terakhir edisi 2010. Tapi maaf, tidak beraliran open source

8 07 2010
dumasari

subhanaalah hebat ya sekarang bagian keperawatan..kebetulan saya juga mantan perawat yg sudah alih profesi menjadi hubungan pelanggan di rs..
RS Pertamina Jaya saat ini sudah memakai sistem informasi untuk bagian apotek, pendaftaran dan medis alhamdullilah sdh terealisasi dengan menggunakan sistem linux…tapi sayang nya sampai dengan saat ini untuk bagian keperawatn belum maksimal pemakaian tsb dikarenakan selain memasukan pencatatan semua dokumentasi keperawatan kita juga harus memasukan catatan suhu nadi tensi obat dll sedangkan untuk file nya sendiri (hard disk istilah nya) kita harus tulis juga jadi istilah nya kerja 2 kali …so sepertinya tidak bisa direalisasikan krn kesibukan ..gak bisa nulis di komputer juga terus di file juga..belum pasiennya yg terus menerus di awasi …jadi susah u pengimplementasi an nya…ada saran? tks

8 07 2010
Jason

Komputer dibuat fungsi utamanya adalah untuk memudahkan pekerjaan. Kemungkinan terbesar kalau Sistem Informasi keperawatan tidak jalan adalah karena satu faktor yaitu “tidak menggunakan bahasa standar keperawatan (SNL)”. Dan itu terjadi hampir di semua RS yang membuat SI Keperawatan.
Jadi saran saya, buatah SI Keperawatan (ASKEP) dengan pendekatan SNL (Standar Nursing Language). Kebetulan kami akan mengadakan trainingnya pada tgl 2 – 4 Agustus 2010. Silakan download leafletnya melalui link berikut https://nursinginformatic.wordpress.com/2010/06/30/akreditasi-dengan-snl/

8 09 2010
admin

SI Keperawatan yang open source ? Ada kok , cuma masih cupu… masih banyak yang harus dibuat

3 10 2010
Sherly Melati

Assalamualaikum pa jason….
saya mahasiswa jurusan ilmu komputer d PTN Banjarmasin….
kebetulan judul tugas akhir saya membuat sistem informasi proses keperawatan berbasis NANDA NIC dan NOC seperti yang yg bpa buat ini,, namun saya masih krg mengerti mngenai alur sistem serta apalgi NANDA,NIC dan NOCnya… referensinya buku NANDA, nic n nocnya pun belum sya dapatkan…
smntara sya terus dikejar waktu pengerjaan skripsi sya….
jd mhon bantuan dan penjelasannya lebih rinci, n kalo bisa memberi tahu dmana saya bsa mendapatkan referensi tersebut….
sedangkan d banjarmasin tidk SAK yg sdah terkomputerisasi….

jason

Semua tentang SIM Keperawatan dan NNN sudah saya tulis di blog ini Mba. Tinggal diurt saja dari tulisan pertama. Kalau masih kurang silakan kirim via email saya jason_spirits@yahoo.com

17 12 2010
mario

mas bikin programnya pake apa tuh????
kalau boleh….bisa gak saya minta file yg belum di cmplier jd exe….
yg masih open sourcenya bos…
soalnya buat mempermudah dan membuat maju RS yg berada di perkampungan bos….
mohon bantuannya…..

19 12 2010
Jason

Gak usah pusing2 mas. Aku pakai yang dah mateng : Dreamweaver

18 01 2011
tinnitus miracle

There is noticeably a bundle to know about this. I assume you made certain nice points in features also.

18 01 2011
Wonda Zerhusen

That is truly a fantastic post. I am yet new to all these things and I try to pick it all up. Studying this blog post helped me lots in finding out this. Thanks for making it available and maintain the good work.

19 01 2011
classic mini cooper for sale

You definitely know how to bring an issue to light and make it important. More people need to read this and understand this side of the story.

20 01 2011
Scholarships Single Mother

It is best to take part in a contest for among the best blogs on the web. I’ll recommend this site!

24 01 2011
camps ados

Great article. I will certainly share this post with my friends. Thanks for the article.

4 03 2011
Ns. Ibnu fadirul wahed

Saya mendukung dan tertarik untuk menerapkan, moga bermanfaat. amin.

13 04 2011
uni zahrah

Assalamu’alaykum. pak Jason, kalau RS ku baru mau buat SIM, dan rencananya berdasarkan NIC dan NOC dan Nanda, kesulitan di format pengkajian dan material dasar untuk mempermudah. SIM RS Banyumas nampaknya bagus, untuk belajar lihat dimana ya?

jason :
Waalaikum sallam….terimakasih atensinya. Setahuku belum ada SIM Keperawatan yang menggunakan NNN, kecuali di Bms.

26 04 2011
jati

wah.. rame ya.
pak jason … salam kenal dari semarang.

12 05 2011
Dude

Semoga RUU Keperawatan segera di sahkan.amin.Maju terus n berjuang untuk PPNI

22 11 2011
asep mulyadi

Assalamualailkum pa Jason
rumah sakit tempat kerja saya belum teraplikasi SIM Keperawatan bisa minta info bagaimana mengundang bapak untuk pelatihan di tempat kerja saya

jason :
waalaikum sallam wr.wb.
Boleh mas, Pelatihan Mendesain Sistem Informasi Keperawatan berbasis SNL. Nanti saya kirimkan proposalnya via email.

6 01 2012
maryam

assalamualaikum wr.wb pa jason
saya mau tanya tentang cara pengisian angka kredit tentang kategori dasar 1 ,2,3,4 dan kategori kompleks 1,2,3,4 ada tidak rincian kegiatannya. kategori 1 itu apa tindakannya dst. terima kasih atas jawabannya

6 01 2012
Jason

waalaikum sallam……..
Ada Bu, kategorinya terdiri dari Anak, Dalam, Bedah dll. Masing masing terinci dalam kategori dasar 1-4 dan komplek 1-4. Tapi saya tidak punya softcopynya. Adanya hard copy.

25 01 2012
Ricardo

selamat malam mas saya ricardo..kebetulan saya buat TA tentang sistem keperawatan..nah saya boleh lihat aplikasi nya sperti apa ?hanya tampilan setiap menunya saja..itu pun kalau mas mengijinkan karena download nya mati..terima kash bnyk mas..karena saya sangat kebingungan membuatnya..terima kasih bnyk

jason : silakan lihat di http://www.simrst.com

26 01 2012
Ricardo

Terima kasih banyak pak..ini yang saya butuhkan..

26 01 2012
Jason

sama sama mas

16 03 2012
Santi

salam kenal to mr.jason ,sekilas saya baca web ini buat saya penasaran lagi,mr tolong donk tampilkan mengenai jam kerja perawat di RS.biar sy bs lebih pas bkn jdwal,mengingat sy selaku koordinator

jason : insyaAlloh ya Mba Santi. Nanti aku cariin atura jam kerja

9 05 2012
wiwin widayati

Yth Pak Jason,
Saya di Rumah Sakit Daerah Terpencil…di Sumatera Selatan,Tanjung Enim….Jadi saya sangat sangat membutuhkan informasi mengenai ini…..please kirim email ke saya ya….
ini alamat emailku : wwidayati@bukitasam co.id

9 05 2012
Jason

Informasi apa yang dibutuhkan ya Mba? Tentang SIM Keperawatan sudah saya tulis semua di blog ini.

13 08 2012
ricardo

Selamat siang pak saya sedang membuat program asuhan keperawatan.saya sedang mengerjakan Tugas akhir..cuma saya masih bingung soal hak akses dari user…kalau bapak berkenan saya bisa membuat pesan ke email bapak…tolong dibalas ya pak..makasih

13 08 2012
Jason

hak akses? maksudnya?

5 09 2012
Dewi Yuliani H

salam sejawat,…
menarik sekali software buat perawat,…

kalau boleh tau,.. softwarenya bisa di download dimana???

terima kasih…

6 12 2012
catur ilmiwaty

salam sejawat pak, saya bekerja di slah satu RS negri d kota balikpapan, junior sekali di banding dengan pengalaman bapak,, keinginan saya adalah mengembangkan sistem dokumentasi yang skrng bpak sudah jalankandi RS bpak…. kelak, sya berharap bisa bertemu bpak suatu hari nanti di RS Banyumas.. salam kenal pak : sy catur ilmiwaty : email saya : ilmy.ners@yahoo.com

22 08 2013
Ahmad Jazuli

sip pak,kapan rsiku jepara puya sik

17 09 2013
Jason

Ajukan aja ke manajemen mas.

29 10 2013
Vrian Agus Ramdhan

mohon infonya, Rumah Sakit mana saja yang ada di Bandung yang sudah menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keperawatan (SIMKEP)??

30 10 2013
Jason

Setahuku baru di RSUD Sukabumi.

20 11 2013
irwan

terima kasih ,,, ini sangat bermanfaat sekali.
semoga ini bermanfaat buat keperawatan di indonesia,,,

7 01 2014
werhu

Kalo untuk puskesmas ada gak pak ? Tq

8 01 2014
Jason

Adanya SIMPUS.

26 02 2014
Juliana Marpaung

saya tertarik dengan sistem ini bisa kita di share serta penawarannya bila kita kerjasama dalam penerapan sistem tersebut di RS kami….kami tunggu pak ….supaya kami tawarkan ke pihak managemen RS

11 04 2014
Agus Nur Arba'i

Assalaamualaium….saya perawat di RS Swasta di Malang Jatim. di RS bapak sudah gak pake SOP tindakan, adanya Administrasi Medikasi. bentuknya bagaimana ya…mohon dishare ke alamat berikut : nur.arbai@gmail.com
terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 55 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: