Audit Keperawatan (bag 1)

16 02 2015

Salah satu tugas Komite Keperawatan dalam fungsinya memelihara mutu profesi seperti termuat dalam Permenkes No.49 tahun 2013 Pasal 11 ayat (3) adalah melakukan audit keperawatan dan kebidanan. Persoalan di rumah sakit, standar audit yang digunakan rata-rata masih mengacu pada standar audit yang dikeluarkan Departemen Kesehatan tahun 1997.

Saat itu Depkes telah menetapkan bahwa dalam melakukan evaluasi untuk mengetahui kualitas pelayanan keperawatan di rumah sakit adalah dengan  menggunakan Instrumen A, B, dan C. Dimana Instrumen A digunakan untuk mengetahui kelengkapan dokumentasi proses keperawatan di setiap ruangan, Instrumen B digunakan untuk mengetahui indikator kepuasan pelayanan pada pasien yaitu dengan mengetahui seberapa besar kepuasan pasien dari pelayanan keperawatan yang ada. Sedangkan untuk mengetahui kesesuaian tindakan keperawatan di ruangan dengan SPO adalah dengan menggunakan Instrumen C.

Perkembangan kebutuhan pelayanan akan mutu perawatan yang baik, Kementrian Kesehatan melalui Direktorat Keperawatan sudah semestinya membuat standar audit yang baru karena standar audit yang dikeluarkan tahun 1997 itu menurut saya sudah tidak relevan lagi menjawab tuntutan saat ini.

Untuk instrumen B yang mengukur tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan, mungkin masih bisa digunakan. Tapi untuk instrumen A yang hanya mengukur kelengkapan catatan dokumen asuhan keperawatan saya pikir sudah tidak relevan lagi, karena setelah lebih dari 20 tahun catatan asuhan keperawatan diwajibkan, kelengkapan dokumen catatan asuhan keperawatan tidak menjadi penting. Sekarang perlu dipikirkan tentang audit “kualitas” catatan asuhan keperawatan. Semacam Diagnosa Keperawatan apakah sudah benar sesuuai dengan kondisi pasien atau tidak. Tindakan Keperawatan yang dilakukan apakah sesuai dengan standar yang dibuat dalam SAK atau tidak. Kriteria yang dibuat sesuai dengan outcome pasien atau tidak.

Sedangkan untuk instruman C, setelah keluar Permenkes No. 49 tahun 2013 dimana Komite Keperawatan harus melakukan Kredensial dan re-Kredensial terhadap seluruh perawat, maka instrumen C juga sudah tidak diperlukan lagi. Karena pada saat kredensial dilakukan, seorang perawat telah dilakukan assessmen kompetensi. Pada saat seorang assessor melakukan assessmen, dan Komite Keperawatan merekomendasikan dikeluarkannya Penugasan Klinis kepada seorang perawat, artinya dia telah melakukan semua intervensi yang jadi kewenangannya sesuai dengan standar (SPO) yang ditetapkan.

Jadi ini menjadi tugas baru bagi Direktorat Keperawatan Kementrian Kesehatan RI untuk menyusun Standar Audit Keperawatan yang sesuai dengan tuntutan mutu saat ini.

Lalu bagaimana melakukan Audit Keperawatan yang baik agar sesuai dengan kebutuhan saat ini, pada tulisan selanjutnya akan kita diskusikan di sini.


Aksi

Information

8 responses

21 03 2015
kusnadijaya

Reblogged this on Kusnadijaya's Blog.

4 07 2015
elvia ferlina

Assalamualaikum pak,saya elvia dari rsud pagaralam mohon dishare instrumen A,B dan C untuk audit keperawatannya
ini alamat email saya elviaferlina@ymail.com
terima kasih sebelumnya

7 08 2015
Juliming Kenedy

Terima kasih pak, saya pernah buat audit keperawatan pakai instrumen A,B,C. Sebagai bahan perbandingan serta memperkaya kasanah ilmu, kami mohon dikirimkan audit keperawatan yang bapak buat, terima kasih pak, selamat malam.

18 08 2015
Sinndy

Selamat Siang pak, mohon di share tentang audit keperawatan, Terimakasih

3 10 2015
husaini

pak tolong share juga tenteng instrumen audit keperawatan,,,terimakasih pak…

3 10 2015
delvina

selamat siang pak..jason..mohon kirim instrumen audit keperawatan ke alamat kami delvinaputri82@gmail.com…thanks pak ya..

13 10 2015
Adi prayoga RS jasa kartini tasikmalaya

Assalamualaikum pak selamat pagi. saya adi prayoga dari Rs jasa kartini mohon dishare contoh instrumen A,B dan C untuk audit keperawatan.terima kasih.

29 01 2016
Yuliartiningsih

Saya Yuli Dr RSi jemursari Surabaya mohon di Share instrumen A,B,C dan audit keperawatan trim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: