Budaya Profesi dalam Continues Profesional Development

2 02 2015

Salah satu tugas Komite Keperawatan adalah merekomendasikan perencanaan pengembangan profesional berkelanjutan / Continuing Professional Development (CPD) tenaga keperawatan. CPD merupakan tuntutan profesi, mengingat perkembangan teknologi dan pengetahuan di era global, merubah kondisi masyarakat kepada tuntutan yang lebih terhadap pelayanan, tanpa kecuali terhadap profesi perawat. Label perawat profesional juga menjadi beban tersendiri bagi profesi perawat, karena label profesional mempersyaratkan banyak hal tentang performa profesi.

Terlebih dengan keluarnya Permenkes no. 49 tahun 2013 tentang Komite Keperawatan, dimana perawat di rumah sakit diwajibkan dilakukan kredensial sebelum dia mendapatkan penugasan klinis. Kredensial akan berimbas pada diketahuinya antara standar kompetensi yang dipersyaratkan dipenuhi oleh seorang perawat sesuai jenjang klinisnya dengan gap kompetensi yang dimiliki.

Gap kompetensi perlu diselesaikan atau dihilangkan, agar semua perawat memiliki standar kompetensi yang dipersyaratkan. Upaya menghilangkan gap kompetensi ini adalah dengan Continues Proffessional Development (CPD).

Prinsip Pengembangan CPD ada 4 yaitu :

  • Learner harus memiliki kebutuhan belajar
  • Proses belajar adalah siklus yang berkesinambungan
  • Tujuan pembelajaran harus jelas dan merupakan kebutuhan untuk pasien, individu pembelajar dan organisasi
  • CPD harus terstruktur dan terencana

Memperhatikan prinsip dalam CPD ini, maka budaya profesi sebagi komunitas pembelajar haruslah dibangun. Bisa dibayangkan, upaya apa yang perlu dilakukan agar belajar menjadi sebuah kebutuhan. Proses belajar harus berkesinambungan, membutuhkan komitmen dan kepemimpinan yang kuat agar semua dapat berjalan sesuai yang diharapkan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: