Efisiensi Biaya Dokumentasi Perawat

27 08 2014

dr HermanPernahkan kita menghitung, berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh rumah sakit untuk anggaran belanja kertas dokumentasi asuhan keperawatan? Bila belum pernah menghitung, ada baiknya kita simak apa yang disampaikan oleh dr H Suherman, MKM, National Coordinator HPH Indonesia dan ketua ARSADA Jawa Barat sekaligus Direktur RSUD R Syamsudin, SH Sukabumi dalam Seminar Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA)  Jawa Barat, dengan thema “ Nursing And Midwifery Decition Making Based On Nursing Intervention Clasification) And NOC (Nursing Outcome Clasification)“,Kata Beliau, butuh anggaran satu milyar per tahun hanya untuk dokumentasi asuhan keperawatan di RSUD Syamsudin, SH Sukabumi.

Waooow……… fantastis. Satu milyar tentu bukan angka yang sedikit. Dan itu terpaksa atau tidak terpaksa harus dikeluarkan oleh rumah sakit untuk membeli kertas, agar kebutuhan profesi perawat terpenuhi, kewajiban bisa dilaksanakan, akontabilitas perawat bisa dibuktikan. Tapi kebanyakan kita bahkan manajemen rumah sakit tidak menyadari kondisi ini. Setiap tahun uang sebanyak itu harus dikeluarkan.

Mengapa tidak beralih ke teknologi informasi agar biaya itu bisa dihilangkan oleh rumah sakit?

Padahal untuk membuat Sistem Informasi Manajemen Keperawatan sekaligus beserta hardwarenya dengan satu server 50 clien beserta network systemnya, tidak mencapai 1 milyar. Tapi sekali lagi kebanyakan kita bahkan manajemen rumah sakit masih banyak yang belum berfikir untuk mendorong perawat menggunakan teknologi informasi.

Ketika komunitas perawat di rumah sakit mengajukan anggaran sebesar itu untuk membangun SIM Keperawatan, maka lebih banyak ditolaknya daripada diterimanya. Dengan hitung-hitungan matematika yang disampaikan oleh dr Suherman MKM di atas, mudah-mudahan akan merubah paradigma manajemen rumah sakit (direktur) untuk mendorong perawat melakukan alih teknologi lebih cepat lagi.

Kabar baik untuk kita yang sudah menginginkan hadirnya SI Keperawatan di rumah sakit. Bekerja sama dengan penyedia jasa pembuat software, akhirnya lahir Sistem Informasi Keperawatan edisi 2014 yang merupakan refisi ke-4 dari edisi sebelumnya dengan berbasis WEB.

Bidang Perawatan atau Komite Perawatan bisa mengajukan anggaran kepada manajemen rumah sakit untuk pengadaan software Sistem Informasi Keperawatan beserta hardware dan jaringannya melalui proses pengadaan.

Bahkan bagi rumah sakit yang telah memiliki SIM Rumah Sakit, SI Keperawatan bisa diintegrasikan (Bridging) dengan SIMRS yang sudah ada. Dengan begitu, anggaran pengadaan SI Keperawatan bisa menjadi lebih kecil, karena tidak memerlukan pengadaan hardware lagi.


Aksi

Information

8 responses

13 11 2013
Purwadi

Kendala pengadaan SIM Kep adalah source yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup besar. Mulai dari pengadaan hard, soft, n brain ware. Belum lagi bila interface juga tidak sesuai dengan selera pegawai (membingungkan) Ada saran pak untuk mengefisiensikan hal tersebut?

17 12 2013
AFRIYANI

Banyak faktor yg mempengaruhi pak….tapi terlepas dari semua faktor adalah komitmen leader keperawatan — leader RS sbg penentu utama keberhasilan suatu perubahan, termasuk SIMKep ini.

12 07 2014
Eko Mahansen

Ass Wr Wb.
Pak Jason, salam kenal. Saya Eko (Sekretaris Komite Keperawatan) di RSUD dr H.M.Rabain Muara Enim. Mohon bantuannya untuk kemajuan Komite Keperawatan kami ?

13 07 2014
Jason

Apa yang dibutuhkan Mas Eko?

22 07 2014
Eko Mahansen

tolong kirim data2 yang tentang komite keparawatan ke email saya

25 07 2014
Arifah, S. Kep. Ns

Ass. Wr. Wb
Pak Jason, salam kenal. Saya Arifah dari RSPP, saat ini saya sedang menyelesaikan tesis saya yg ada hubungannya dengan remunerasi(insentif) perawat. Mohon bantuan bapak, bolehkah saya mendapat bagaimana cara menghitungnya ? (bolehkah saya mendapatkan email pribadi bapak) terima kasih

13 10 2014
AMIR MAHMUT

MAAF PAK KALAU BISA MOHON KIRIMKAN CTH SAK APLIKASI NNN SAYA BELM PERNAH BELAJAR, HANYA MASIH BACA BACA SEDIKIT TERIMA KASIH.

25 05 2015
Prihti Septyarini

selamat pagi pak Jason. saya dari RS Happy Land Yogyakarta. saya di Kasi Keperawatan dan di Komisariat Kep. mohon dikirim via email, contoh white book. tk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: