Hak Perawat dalam Tarif JKN

7 11 2013

Sangat susah memang memberikan penghargaan kepada profesi perawat, ketika perawat sendiri masih bingung mendefinisikan tentang apa yang dilakukan oleh mereka. Di Indonesia sampai hari ini belum ada nomenclatur yang disepakati sebagai klasifikasi tindakan perawat. Padahal klasifikasi ini yang dijadikan dasar untuk membuat clinical pathway dan penentuan tarif perawatan.

Bagaimana dengan pemberlakuan JKN yang akan dilounching per 1 Januari 2014, dimana tarif pelayanan di rumah sakit adalah tarif paket INACBG’s? Sebenarnya kasus ini bukan hanya akan terjadi di 1 Januari 2014 itu, tapi semenjak pemerintah memberlakukan tarif paket dengan INA DRG 9 tahun yang lalu, hak perawatpun tidak jelas seperti apa.

Yang menentukan besaran tarif itu tidak bisa disalahkan juga, karena mereka dalam menentukan tarif juga sudah menggunakan data empiris yang cukup banyak. Persoalannya, apakah peran perawat di dalam tarif paket itu sudah tercover sebagai sebuah profesi yang layak dihargai? dan bagaimana mereka menghargai perawat, kalau ternyata kita sendiri tak mampu menunjukan aktifitas kita yang sangat banyak. Mengapa tak mampu menunjukan aktifitas kita? Jawabannya sudah jelas, karena kita tidak memiliki “nama” terhadap aktifitas kita yang sangat banyak itu.


Aksi

Information

5 responses

26 11 2013
Yuli Pee

Pak jason, kami ingin adakan workshop dengan topik diatas bisa gak pak…tolong hub saya…..trims

26 11 2013
sahlan

kami perawat daerah mestinya ngikut yang dipusat, mbok ya orang pusat merhatiin yang didaerah agar nasib perawat lebih baik

17 12 2013
carl

Pak Jason, maap, dlm pengamatan Bapak apakah diluar negeri sudah ada nomenklatur itu Pak? Mungkin bisa dishering agar setidaknya kita memiliki gambaran tentang alur teknis dan teoritis atas penyusunan nomenklatur. Benar memang, “nama” perawat sejauh ini masih diantara “hitam-putih”, dan keadilan serta narasi narasi kemanusiaan lain tentu bisa utuh disusun bila sudah jelas nomenklatur itu. Rumit memang diskursus teoritis tentang praktik keperawatan secara utuh di Indonesia.
Terimakasih

Salam hormat

17 12 2013
Jason

Ada mas, ada ICNP, ada NNN, ada Omaha System dll.

17 12 2013
carl

Terimakasih Pak Jason…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: