Inspirasi Sumpah Pemuda untuk Profesi Perawat

28 10 2013

Apel2Hari ini, 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda. Salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana semangat pemuda saat itu untuk bersatu. Ikrar yang terkenal adalah Ikrar Sumpah Pemuda diantaranya adalah tentang pernyataan sikap bahwa mereka mengikrarkan Satu Bahasa yaitu Bahasa Indonesia.

Tentu bukan tanpa alasan kalau pemuda Indonesia saat itu mengikrarkan tentang perlunya kesatuan bahasa. Hasil Perumusan Seminar “Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 antara lain menegaskan bahwa dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai:

  1. Lambang kebanggaan nasional,
  2. Lambang identitas nasional,
  3. Alat pemersatu berbagai-bagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya,
  4. Alat perhubungan antarbudaya antar daerah.

Melihat pentingnya fungsi bahasa, maka perlu diseriusi oleh profesi perawat, bahwa kitapun sebenarnya memerlukan satu bahasa standar keperawatan untuk menunjukan eksistensi kita, menunjukan identitas kita, mempersatukan perawat dengan berbagai latar belakang pendidikan. Standar bahasa itu yang kita kenal dengan SNL (Standar of Nursing Language), apakah akan menyusun sendiri, menggunakan yang sudah dipakai di belahan dunia lain semisal NNN, ICNP atau OMAHA System.

Seperti halnya profesi lain yang sudah menggunakan ICD 10, ICD IX-CM, SNOMED, DSM-IV, CPT-4 dll, profesi perawat di Indonesia sudah saatnya menseriusi tentang bahasa standar untuk perawat, agar mampu mengikuti jejak Pemuda Indonesia pada tahun 1928 yang telah mampu menyatukan Pemuda Indonesia dari berbagai macam suku.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: