Upaya mendapatkan SDM yang Baik

21 09 2013

Untuk mendapatkan kualifikasi SDM yang baik, pemilahan dan pemilihan SDM menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan oleh sebuah institusi, tidak terkecuali rumah sakit. Bagitupun profesi perawat, karena merekalah ujung tombak pelayanan. Kualifikasi yang baik dari mereka akan menjadi kontribusi yang baik terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Mengingat profesi perawat menduduki porsi yang cukup besar di rumah sakit, bahkan di saat profesi lain tidak ada, merekalah yang setia berada di sisi klien.

Pemilihan dan pemilahan SDM perawat dimulai saat melakukan rekruitmen awal. Itu pula yang dilakukan oleh kami dalam rangka mendapatkan SDM (input) yang baik baru-baru ini. Melalui seleksi masuk yang cukup ketat, diharapkan mampu menghasilkan SDM perawat yang baik. Maka seleksi yang dilakukan oleh kami meliputi tes tulis, praktek, wawancara dan tes kesehatan.

Tes Tulis

Suasana Tes Tulis Perawat

Suasana Tes Tulis Perawat

Tes tulis meliputi materi umum dan materi khusus keperawatan. Materi umum layaknya ujian CPNS, sehingga mencakup materi hukum, ketatanegaraan, sosial kemasyarakatan, budaya, ekonomi, politik, psikologi dan logika. Sementara materi keperawatan mencakup seluruh area keperawatan yaitu anak, medikal bedah, jiwa, maternitas dan keperawatan kritis.

 

 

Tes Praktek

Tes praktek yang dilaksanakan, sama dengan pelaksanaan ujian mahasiswa. Dimulai dari pegkajian, menentukan masalah keperawatan, menentukan tindakan sampai melakukan evaluasi. Setelah selesai tindakan, dilakukan responsi oleh penguji untuk melakukan klarifikasi dan pendalaman terhadap penguasaan konsep dan justifkasi tindakan.

2013-09-19 09.55.28

Suasana Tes Praktek

Wawancara

Dalam wawancara, ada enam poin yang dinilai, yaitu

  • Aspek kompetensi dan pengalaman kerja,
  • Aspek support system
  • Aspek karakter
  • Sikap kerja dan kemampuan pemecahan masalah
  • Aspek spiritual
  • Penguasaan teknologi informasi / komputer

Setelah proses seleksi selesai semua, maka yang dinyatakan lolos seleksi diharuskan dilakukan tes kesehatan.

Upaya yang cukup optimal seperti inipun, kadang masih saja mendapatkan SDM yang dirasa kurang ideal. Maka peran pemberdayaan melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan terus dilakukan, agar mendapatkan hasil akhir yang optimal.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: