CMHN di Banyumas, Mengapa Tidak?

15 03 2012

Berawal dari Rapat Kerja Dinkesprop Jawa Tengah bersama Direktur Yankeswa Dirjen BUK Kemenkes yang diikuti oleh Para Direktur RS Jiwa dan RSU yang menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan Jiwa tentang Evaluasi Program Jawa Tengah Bebas Pasung 2012, Comunity Mental Health Nursing (CMHN) saya sampaikan di forum tersebut. Kebetulan saya diajak ikut dalam forum itu untuk mendampingi Direktur RS. Harapan saya, CMHN dapat menjadi salah satu pendukung Program Jawa Tengah Bebas Pasung 2012.

Saya presentasikan hasil riset yang dilakukan oleh Ibu Budiana Keliat dkk tentang Efektifitas Penerapan Model CMHN terhadap Kemampuan Hidup Pasien Gangguan Jiwa dan Keluarganya di Wilayah DKI Jakarta. CMHN adalah pelayanan keperawatan jiwa masyarakat yang komprehensif, holistik, paripurna berfokus pada masyarakat yang sehat jiwa, risiko gangguan jiwa dan gangguan jiwa agar dapat mandiri dan produktif.

CMHN pertama kali dikembangkan di Aceh tahun 2005 dan berhasil menyediakan pelayanan kesehatan jiwa di seluruh puskesmas (274 PKM)  dan merawat sekitar 14 ribu pasien gangguan jiwa yang terdeteksi dan 200 pasien yang dipasung dimasyarakat. Model ini kemudian direplikasi di DKI Jakarta yang memiliki prevalensi cukup tinggi di Indonesia.

Model ini sesungguhnya ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa persoalan Kesehatan Jiwa bukan hanya persoalan yang menjadi tanggung jawab rumah sakit jiwa saja, tapi juga peran dinas kesehatan di tingkat kabupaten beserta jajarannya (Puskesmas) dan masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam mendukung pelayanan kesehatan jiwa yang paripurna.

Perlu kita ketahui, pasien yang mengalami gangguan jiwa sesungguhnya dapat hidup dengan optimal manakala lingkungan terutama keluarga mampu berperan dengan baik dalam memberikan perawatan pasca perawatan di rumah sakit. Dan untuk mengoptimalkan peran keluarga dan masyarakat inilah, CMHN diaplikasikan.

Merujuk hasil riset yang dilakukan di DKI Jakarta tentang model ini, ada beberapa kesimpulan yang didapatkan dari penerapan model CMHN yaitu :

  1. Pasien yang menerima intervensi model CMHN, kemampuannya meningkat secara bermakna
  2. Pasien yang menerima intervensi model CMHN, waktu produktifnya meningkat secara bermakna sebesar 1 jam 36 menit
  3. Pasien yang mendapat intervensi model CMHN dengan kualitas hidup tinggi jumlahnya lebih banyak secara bermakna dibandingkan pasien yang tidak menerima intervensi. Kemandirian dan waktu produktif pasien berhubungan secara signifikan terhadap kualitas hidup pasien
  4. Kemampuan kognitif keluarga yang mendapat intervensi model CMHN, meningkat secara bermakna
  5. Kemampuan psikomotor keluarga yang mendapat intervensi model CMHN,  meningkat secara bermakna
  6. Kepuasan Tinggi Dalam Merawat lebih banyak pada keluarga yang mendapat intervensi model CMHN
  7. Beban Keluarga dalam merawat menurun pada keluarga yang mendapat intervensi model CMHN

Hasil inilah yang dijadikan alasan, mengapa kami berani mengajukan kepada Dinkesprop Jateng dan siap menjadi role model untuk mandegani penerapan CMHN di Jawa Tengah. Di samping alasan di atas, ada alasan yang cukup menyemangati kami bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas memiliki perhatian yang baik terhadap persoalan ini. Maka kami yakin bahwa DKK Banyumas beserta jajarannya siap juga untuk berperan mendukung Program Jawa Tengah Bebas Pasung 2012 dengan penerapan model CMHN.


Aksi

Information

One response

15 03 2012
nureka

sayangnya tidak didukung oleh kemampuan administrasi yg baik karena jika ada yg memerlukan penanggungjawaban biaya mau darimana sedangkan tidak semuanya pasien ditanggung jamkesmas atau sejenisnya bgm solusi kedepan masalah ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: