Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK)

25 02 2012

Standar Akreditasi Rumah Sakit yang baru versi 2012 dari KARS kelompok satu adalah Standar Pelayanan Berfokus Pada Pasien. Dalam standar ini, bab 7 mengupas tentang Pendidikan Pasien dan Keluarga. Sedikitnya ada 5 materi yang harus diberikan oleh rumah sakit kepada pasien dan keluarga dalam mendidik mereka, yaitu tentang diagnosa, obat, nutrisi, manajemen nyeri dan rehabilitasi.

Kelima materi itu, masing-masing memiliki SPO, pedoman dan kebijakan. Bagi kita yang sudah familiar dengan SNL (NIC) kelima materi itu tidaklah terlalu sulit untuk mendapatkan. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menjadi referensi bagi saudara yang membutuhkan.

  1. SPO Pendidikan ttg Manajemen Nyeri
  2. SPO Pendidikan ttg Obat
  3. SPO Pendidikan ttg Diet / Nutrisi
  4. SPO Pendidikan ttg Rehabilitasi
  5. SPO Pendidikan ttg Penggunaan Alat
  6. SPO Pendidikan Pre Operasi
  7. SPO Pendidikan Proses Penyakit

Tentu perlu disesuaikan dengan kondisi rumah sakit masing-masing, sehingga ini hanya sekedar sebagai referensi.


Aksi

Information

5 responses

24 09 2013
ines

slamat sore pak jason,,, saya ines,, di rs tmpat saya berkeja skrg kmi sdg menuju JCI, saya mendapat bagian PPK (pendidikan pasien dan keluarga) saya sdh mmbuat bbrp dokumen pendukung namun saya merasa masih merasa kurang pak,, mohon di bantu untuk kelengkapan berkAs pada chapter ini pak

12 04 2014
dian

salam kenal ines.. saya juga kebagian PPK,, mungkin sya bisa belajar dari anda ?

24 06 2014
morisius

selamat pagi pak Jason,
saya moris dari timika-papua, saya di pokja PPK, karena masih baru, saya kesulitan menyiapkan dokumen yg diminta,mohon pak Jason memberikan Pedoman dan kebijakan PPK, serta beberapa SPO, sebagai panduan buat kamidan menyesuaikan dengan keadaan kami disini.
atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
salam.
moris, Timika-papua

1 10 2014
Umi Fafa

malam pak jason, saya juga masuk si pokja PPK, mohon bantuannya ya pak..!

17 04 2015
aslichahdr @gmail.com

INEZ Saya juga kebagian PPK mohon berkenan memberikan contoh contoh sop, pedoman dan kebijakan PPK terimakasih

Tinggalkan Balasan

