YPMK Perdhaki pun ikut Membawa SNL

4 02 2012

Mudah-mudahan ini adalah jalan lain untuk mempopulerkan SNL di Indonesia. Setelah Dharmais, Persi, Direktorat Keperawatan Kemenkes, beberapa wilayah di bagian Indonesia dan beberapa institusi pendidikan perawat mengenalkan SNL, kini YPMK Perdhaki ikutan mempopulerkan SNL.

Sepekan yang lalu tepatnya tgl 30 Januari – 3 februari 2012, YPMK Perdhaki Jakarta mengadakan Pelatihan Manajemen Bidang Perawatan di Hotel Bintang Griyawisata Jakarta Pusat. Saya yang mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan materi tentang Sistem Informasi Manajemen Keperawatan (SIMKep), mau tidak mau harus mengenalkan kepada peserta tentang SNL (Standar of Nursing Language). Karena SNL bukan sekedar teori yang harus dipahami, tapi SNL adalah kebutuhan dasar untuk menyusun data base SIM Keperawatan.

Tanpa SNL, SIM Keperawatan hanya akan menyulitkan dan membebani perawat dalam mendokumentasikan proses keperawatan. Karena SIM Keperawatan bukanlah mengkomputerisasi dokumen manual atau dokumen manual dipindah ke komputer. Tapi SIM Keperawatan adalah kombinasi ilmu komputer, ilmu informasi dan ilmu keperawatan yang disusun untuk memudahkan menejemen, berperan dalam proses pengambilan informasi dan pengetahuan yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan asuhan keperawatan.

Dengan begitu, setiap saya menyampaikan tentang SIM Keperawatan, mau tidak mau SNL juga harus disampaikan, agar peserta menjadi paham, mengapa SIM Keperawatan dapat menghasilkan laporan yang rumit, tapi itu real dan dibutuhkan keberadaannya. Wajar bila setiap selesai presentasi SIM Keperawatan, selalu saja banyak peserta yang penasaran dan belum puas dengan apa yang didapatkan. Sehingga 2 jam menjadi waktu yang sangat pendek untuk mengupas kedalaman SIM Keperawatan dan SNL.


Aksi

Information

One response

4 02 2012
Sukmadewiali

jazakallah khoir….barakallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: