Teknologi Informasi adalah Solusi

10 07 2011

Perkembangan Teknologi Informasi begitu pesat, seolah-olah malam ini kita kesulitan terhadap sesuatu, besok pagi sudah dijawab oleh Teknologi Informasi. Kondisi itu mengubah secara signifikan dalam segala sisi kehidupan baik sosial, budaya, etika, hukum dll. Dalam cara kita bekerja, berinteraksi dengan orang lain, bertransaksi sampai cara belajar kita. Semua menjadi semakin mudah dan semakin praktis.

Di dunia kesehatan terutama perumahsakitan juga tidak ketinggalan. Banyak rumah sakit yang telah menggunakan Teknologi Informasi walau baru sebatas transaksi keuangan.

Tapi dari waktu ke waktu ternyata banyak penyedia barang jasa yang sebelumnya hanya berkutat untuk aplikasi perbankan, hotel, ritail, jalan tol sekarang sudah mulai melirik untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan rumah sakit. Maka munculah aplikasi semisal Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS Terintegrasi), Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), Hospital Information System (HIS), Metacare, Laboratory Information System (LIS). Mediccare dll. Yang dulunya aplikasi dikembangkan hanya untuk kepentingan transaksi keuangan, saat ini sudah banyak yang berusaha membuat aplikasi klinis semacam rekam kesehatan, laporan rekam medik sampai transaksi obat/resep online.

Bila aplikasi-aplikasi klinis semakin dikembangkan dan para pekerja di bidang kesehatan juga semakin familiar dengan TI, maka sesungguhnya TI akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam menyampaikan informasi yang dibutuhkan publik. Bekerjapun menjadi semakin praktis dan cepat. Pelayanan juga semakin cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi.  Membuat laporan sesulit apapun tidak perlu memakan waktu berhari-hari dan dengan data yang valid.

Teknologi Informasi di rumah sakit adalah sebuah solusi untuk banyak hal. Lalu mengapakah masih ada yang belum berkenan dan menilai negatif terhadap pemanfaatan Teknologi Informasi ini?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: