SNL dan Pondasi Jasa Perawatan

1 06 2011

Salah satu yang mendasari mengapa SNL menjadi penting dalam mendesain Jasa Perawatan adalah kalimat yang diungkapkan oleh Lang, 1980, “Jika kita tidak dapat memberinya nama, kita tidak dapat mengontrolnya, mengajarkannya, membiayainya, menelitinya, dan menempatkanya dalam kebijakan publik”.

Bila kita simak buku-buku referensi Proses Keperawatan, betapa di sana akan kita temukan aktifitas perawatan yang sangat banyak dan tidak memiliki nama serta tidak teridentifikasi. Bahkan kitapun juga paham, pertama pasien masuk ke rumah sakit, aktifitas perawat sudah terlihat. Setelah itu, selama 24 jam uga perawatlah yang memberikan pelayanan kepada pasien.

Sebagai contoh saja, pada Diagnosa Keperawatan Kekurangan Cairan, maka dalam buku-buku referensi akan tertulis perencanaan seperti ini :

  • Awasi tanda vital, pengisian kapiler, status membran mukosa, turgor kulit
  • Awasi jumlah dan tipe masukan cairan. Ukur keluaran urine dengan akurat
  • Diskusikan strategi untuk menghentikan muntah dan penggunaan laksatif/diuretik
  • Identifikasi rencana untuk meningkatkan/ mempertahankan keseimbangan cairan optimal
Contoh lain, pada Diagnosa Keperawatan Gangguan Persepsi Sensory Visual, akan tertulis perencanaan seperti ini :

  • Monitor kemerahan, eksudat atau ulserasi
  • Intruksikan pasien untuk tidak menyentuh mata
  • Monitor reflek kornea
  • Pindah kontak lensa yang sesuai
  • Lindungi mata yang sesuai
  • Perban mata jika diperlukan
  • Tutup mata bila diplopia
  • Beri lubrikasi bila air mata kurang  yang sesuai
  • Beri obat salp yang sesuai
  • Tutup kelopak mata
  • Dinginkan mata
Aktifitas sebanyak itu, bila kita akan memberikan biaya, poin mana yang akan dibiayai? Tentu menjadi tidak logis seumpama “Dinginkan mata” biayanya Rp.500,- “Tutup kelopak mata” Rp.500,- dan seterusnya.
Nah oleh SNL (Standar of Nursing Language) aktifitas sebanyak itu diberi label/nama. Untuk yang pertama diberi label “Monitor Cairan” dan untuk yang kedua diberi label “Perawatan Mata”.

Monitor Cairan, Perawatan Mata dan lain lain label/nama dalam SNL jumlahnya sebanyak 530 item. Masing-masing memiliki pengertian dan aktifitas masing-masing. Lihat contoh selengkapnya di sini. Dari Tindakan Perawatan sebanyak itu, yang dilakukan di rumah sakit hanya sekitar 300 tindakan, dan dari 300 tindakan yang popular di teman – teman hanya sekitar 60 an.

Ini menjadi penting dan serius untuk kita ketahui dan garap bersama bila kita ingin mendesain jasa perawatan dengan pondasi yang kokoh. Karena saat kita meminta jasa perawatan kepada manajemen rumah sakit, pastilah yang ditanyakan adalah, “Kontribusi apa yang kamu berikan kepada rumah sakit?”

Yang kita khawatirkan adalah seperti yang diungkapkan oleh Lang, 1980, “Jika kita tidak dapat memberinya nama, kita tidak dapat mengontrolnya, mengajarkannya, membiayainya, menelitinya, dan menempatkanya dalam kebijakan publik”.

Dan akan lebih parah lagi seperti yang disampaikan oleh Bond, 1991, “Jika kontribusi spesifik keperawatan tidak dapat diindentifikasi, keperawatan akan tersisa sebagai bayangan dan potensial untuk diabaikan”.

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: