PERSI, Kapal Berikutnya Pembawa SNL?

23 07 2010

Kedua kalinya PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia) melalui Divisi Diklat nya mengundang saya untuk bertukar pengalaman tentang Sistem Informasi Keperawatan dalam Pelatihan Manajemen Keperawatan yang diikuti oleh para manajer perawat di rumah sakit. Sesuatu yang cukup positif bagi saya, karena berkesempatan untuk menyampaikan urgensinya SNL (Standar Nursing Language) terhadap teman-teman perawat di rumah sakit lain.

Seperti biasanya, antusias terlihat dari sebagian besar wajah peserta, kecuali memang mereka yang dari awal sudah apriori dengan makhluk yang bernama SNL. Mengapa SNL selalu muncul dalam presentasi-presentasi saya, padahal yang saya presentasikan adalah tentang Sistem Informasi Keperawatan?

Ya…. karena desain Sistem Informasi Keperawatan membutuhkan database dengan vocabulary yang standar. Database apapun dalam Sistem Informasi membutuhkan bahasa yang terstandar. Maka bila Sistem Informasi Keperawatan yang dibuat oleh rumah sakit rumah sakit tidak menggunakan bahasa yang standar, saya meyakini bahwa Sistem Informasi itu hanya akan menyulitkan perawat dan berujung pada sistem yang tidak bisa dipakai/dijalankan oleh perawat.

PERSI, sebagai organisasi yang menghimpun rumah sakit di Indonesia tentu memiliki peran yang cukup strategis dalam perkembangan rumah sakit termasuk di dalamnya profesi perawat. Maka tidak ada salahnya bila kemudian PERSI mampu menjadi kapal yang lebih besar setelah Dharmais dan RS Haji. Bahkan saya tentunya boleh berharap lebih kepada PERSI setelah berharap kepada Depkes atau AIPNI agar SNL itu semakin membumi di dunia perawatan Indonesia.

Bahkan bila diterima dan mampu bersinergi, PERSI akan membawa SNL untuk rumah sakit, AIPNI akan membawanya untuk pendidikan dan Depkes melalui Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan akan menelorkan kebijakan strategis untuk makhluk yang bernama SNL.

Semoga………

Ingin mengikuti Training SNL, download leafletnya di sini


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: