Sistem Informasi Kebidanan

23 04 2010

Akhirnya kesampaian juga Sistem Informasi Kebidanan dirancang. Terlepas apakah telah memiliki Standar Bahasa yang disepakati bersama atau belum. Tapi kemauan yang kuat dari teman teman bidan pantas untuk diacungi jempol. Cukup rumit memang, mengingat banyak komponen yang harus terakomodasi dalam Sistem Informasi Kebidanan ini.

Kita semua paham, sampai saat ini Bidan masih menjadi andalan pemerintah, mengingat indikator kesehatan masyarakat dalam mortalitas adalah angka kematian bayi, angka kematian balita dan angka kematian ibu melahirkan. Artinya bidan adalah profesi yang sangat erat dengan indikator itu.

Dan laporan laporan itu semua musti terakomodasi dalam SI Kebidanan, sehingga kami mengklasifikasikannya menjadi dua modul yaitu Modul Asuhan Kebidanan berbasis IT dan Modul Manajemen Kebidanan. Dalam Asuhan Kebidanan tidak ada yang istimewa, karena hampir sama dengan Asuhan Keperawatan yang melingkupi pengkajian, diagnosa, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Sementara Manajemen Kebidanan, banyak hal yang diakomodasi, diantaranya partograf, laporan jumlah persalinan, angka kematian ibu, angka kematian bayi dll

Tapi dengan Sistem Informasi Kebidanan ini, diyakini pekerjaan administrasi yang cukup memakan waktu sudah tidak menjadi beban lagi, karena seluruh laporan dibuat otomatis. Per minggu, per bulan atau per tahun tidak menjadi masalah lagi.

Bahkan dipastikan, Sistem Informasi Kebidanan ini akan menaikan pendapatan RS berkisar 10-20 juta/per bulan dari profesi kebidanan, mengingat tindakan keperawatan yang dilakukan oleh bidan selama ini tidak terakomodasi dalam Billing System RS, karena tindakan tindakan itu telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Keperawatan. Sehingga hanya dengan SI Keperawatan itulah Billing bisa mengakses data yang diinputkan. Selama Bidan belum mengintegrasikan dokumen asuhan kebidanan yang dimiliki dengan berbasis IT, maka tindakan perawatan yang dilakukan leh teman teman tidak terakomodasi. Sementara menggunakan Asuhan keperawatan tidak memungkinkan untuk mereka.

Maka SI Kebidanan adalah jalan keluar terbaik, walaupun masih auh dari ideal untuk sebuah system.

Agar menjadi ideal, kami membutuhkan Standar Bahasa Kebidanan yang terdiri dari :

1. Daftar Nomenclatur Diagnosa Kebidanan

2. Daftar Klasifikasi  Tindakan Kebidanan

3. Daftar Klasifikasi Outcome Kebidanan

Bila ini didapatkan maka SI Kebidanan akan menjadi sesuatu yang sangat baik, seperti Asuhan Keperawatan dan Asuhan Gizi Klinik.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: