Remunerasi Perawat berbasis ABK

20 04 2010

Salah satu acuan remunerasi bagi perawat yang mungkin bisa dilakukan sebagai sebuah alternatif untuk penghargaan kinerja adalah dengan menggunakan analisis beban kerja (ABK). Walaupun sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghitungnya, tapi setidaknya ini dapat dijadikan alternatif berikutnya.

Memang muncul kekhawatiran, kalau aktifitas / kegiatan yang dituliskan sebagai bahan penghitungan ABK bersifat subyektif dan mengada-ada. Karena hal ini akan berimbas pada hasil yang tidak valid dan bias yang terlalu lebar.  Tapi bila ABK ini dibuat dengan data yang obyektif, maka ABK ini akan menjadi solusi alternatif penghitungan jasa pelayanan bagi perawat dalam menghitung indek langsung.

Apa saja komponen ABK dan bagaimana cara menilainya?

Dalam Permendagri nomor 12 tahun 20o8 telah diuraikan Pedoman Analisis Beban Kerja di Lingkungan Depdagri dan Pemerintah Daerah. Dalam lampiran putusan itu telah dijelaskan secara gamblang, bagaimana melakukan analisis beban kerja.

Langkah 1 : Mengumpulkan data beban kerja

Pengumpulan data beban kerja analis harus melakukan pengkajian organisasi sehingga memperoleh kejelasan mengenai tugas pokok dan fungsi, rincian tugas dan rincian kegiatan. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan data data ini diantaranya dengan menyebarkan formulir, wawancara dan observasi.

Langkah 2 : Pengolahan Data Beban Kerja

Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah dengan menghitung jumlah beban kerja jabatan yang merupakan perkalian volume kerja dengan norma waktu.

Setelah didapatkan jumlah beban kerja jabatan, tinggal dihitung kebutuhan pegawai/tenaga, tingkat efisiensi dan prestasi jabatan. Jumlah kebutuhan tenaga didasarkan dengan menghitung jumlah beban kerja tenaga dibagi jam kerja efektif per tahun.

Prestasi jabatan ditentukan dengan pedoman di atas 1,00 nilainya A : sangat baik; 0,90 – 1,00 nilai B : Baik; 0,70 – 0,89 nilai C : cukup; 0,50 – 0,69 nilai D : sedang; kurang dari 0,500 nilai E : kurang.

Setelah didapatkan data ABK itu, maka nilai itulah yang dijadikan sebagai standar untuk pembagian Jasa Pelayanan Perawatan pada indek lagsung.

Download penghitungan ABK


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: