Klompencapir

11 02 2010

Kedengarannya jadul banget karena nama itu keren pada era Soeharto. Kepanjangan dari kata Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pirsawan. Gambaran kelompok ini adalah kelompok para petani yang memakai caping dan membawa cangkul kemudian beradu kemampuan dalam lomba cerdas cermat.

Para petani kita demikian pintar, bisa menjawab beberapa macam jenis pupuk dan cara-cara bercocok tanam. Betapa para mahasiswa pertanian dan mungkin sarjana pertanian dulu tidak enggan turun ke desa-desa. Ada acara potong padi dan dialog. Lucu dan informatif. Keliatannya begitu. Just wondering, kalau sekarang ada acara itu lagi apakah tetap menarik dan tetap ditonton?

Dan nama kelompok itu, kini dipakai oleh Komunitas Perawat RSU Banyumas dengan sedikit modif  menjadi “Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pemikir.” Hanya satu yang kami yakini bahwa dengan belajar (mendengar, membaca dan berfikir)  kita akan menjadi tahu, dengan belajar kita akan menjadi bisa, dengan belajar kita akan menjadi hebat, dengan belajar kita akan menjadi luar biasa dan dengan belajar kita akan menjadi segala-galanya. Orang mengatakan, selama seseorang masih mau belajar maka dia akan menjadi some body dan ketika seseorang berhenti belajar, dia hanya akan menjadi no body.

Dengan dibentuknya Klompencapir ini, diharapkan para perawat akan termotivasi untuk meng-upgrade pengetahuan yang kemudian dibagikan dengan teman temannya di rumah sakit.

Kami meyakini bahwa untuk menjadi pintar idealnya memang di bangku sekolah. Tapi kata orang everyone is a teacher and every place is a school. Sumber ilmu bisa dari siapa saja: guru, atasan, bawahan, rekan kerja atau pelanggan dan tempat ilmu adalah apa saja : sekolah, perpustakaan, pasar yang penuh keramaian atau lingkungan kantor yang selalu penuh dinamika.

Klompencapir mengakomodir pemikiran, pengetahuan dan pengalaman dari para perawat dalam kelompok kelompok kecil (5 orang) yang kemudian hasil dari apa yang mereka dengar, baca dan pikirkan dibagikan kepada temen temannya dalam acara Kamis Ilmiah. Selamat teman temanku perawat RSU Banyumas. Anda layak menjadi Perawat yang Luar Biasa.


Aksi

Information

One response

11 02 2010
kartunmania

Ide yang sangat brilian sekali mas…

jason : makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: