Bawalah SNL itu ke AIPNI

21 12 2009

Tepuk tangan riuh peserta seminar mengiringi judgment dari Prof.  Elly Nurachmah, ketua AIPNI dalam Seminar Nasional bertajuk “The Implementation of Nurse Care Information System to Realize Nursing Safety” yang diadakan oleh HIMIKA STIKES Surya Global Yogyakarta di Gedung Jogja Expo Centre 20 Desember 2009 yang lalu.

SNL yang kemudian oleh Prof. Elly dikoreksi menjadi SoNL / NLS (Standar of Nursing Language / Nursing Language Standar) memang sesuatu yang baru di Indonesia. Keterlambatan kita memiliki SoNL ini telah berdampak pada ketidak mandirian perawat sebagai profesi. Walaupun itu bukan satu-satunya penyebab, tapi setidaknya berkontribusi cukup besar dalam kemandirian, pengakuan dan penghargaan kepada profesi perawat.

Beliaupun mengakui bahwa kurikulum pendidikan perawat selama ini memang belum mengakomodasi kepentingan (baca: kemandirian) perawat. Tapi semenjak tahun 2008 dengan kurikulum berbasis kompetensi di pendidikan perawat, goal setting akhir bertujuan untuk memandirikan profesi ini.

Melalui pendidikan tinggi keperawatan, AIPNI menginginkan ada Branding dari profesi ini yang diberikan oleh masyarakat kepada Komunitas Perawat sebagai Komunitas Profesional.

Sayapun menyadari, SoNL dengan pendekatan yang cukup radikal dalam implementasi proses perawatan, memang membutuhkan sosialisasi yang terus menerus melalui berbagai forum. Seminar, Workshop, Simposium, Lokakarya, Pelatihan dan Forum-forum Ilmiah lain adalah jalan yang musti ditempuh agar SoNL ini semakin membumi dan dikenal luas oleh masyarakat perawatan di Indonesia.

Maka komentar Prof. Elly agar pengalaman mengimplementasikan SoNL ini dibawa ke AIPNI, tentu mendapat sambutan yang antusias dari peserta seminar yang berjumah tidak kurang dari 400 peserta. Sayapun menjadi tenang kalau Beliau berkenan mengakui.

Banyak yang sudah merasakan betapa kita tidak mandiri sebagai sebuah profesi. Banyak juga yang sudah menyadari dan tahu persis, bahwa profesi ini tidak lebih hanya sebagai ban serep bahkan menjadi pembantu di rumah sendiri.

Tapi dari mana akan memulai?

Implementasi SoNL terbukti telah mengantarkan profesi ini menjadi mandiri, diakui sekaligus dihargai walau baru setingkat Rumah Sakit Daerah.


Aksi

Information

2 responses

21 12 2009
supriyadi

Ass. terima kasih kami sampaikan kepada pak Jason dan segenap kru beserta seluruh perawat di RSUD Banyumas, yang telah luar biasa untuk dedikasinya pada keperawatan. acara seminar yang diselenggarakan HIMIKA STIKES Surya Global Yogyakarta pada tanggal 20 desember kemarin, sangat membuat kita bergetar dan tersadarkan akan profesi ini, semoga Prof. Eli selaku ketua AIPNI dan beberapa pengurus PPNI yang datang terusik hatinya dengan apa yang telah disampaikan oleh Prof. Jason (begitu kami menyebutnya)

jason : hehehehe…ada ada saja. Prof-okator kaleee.

23 07 2010
PERSI, Kapal Besar Pembawa SNL « Nursing Informatic

[…] RS Haji. Bahkan saya tentunya boleh berharap lebih kepada PERSI setelah berharap kepada Depkes atau AIPNI agar SNL itu semakin membumi di dunia perawatan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: