Implementasi Sistem Informasi Keperawatan (bag 2)

22 11 2009

Modul Sistem Informasi Keperawatan

Asuhan Keperawatan

Asuhan Keperawatan telah menggunakan standar asuhan keperawatan pendekatan respon pasien, bukan masalah medis. Dan konsep ini telah diajukan dua kali kepada Surveyor Akreditasi Rumah Sakit dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit dan dibenarkan oleh KARS.

Modul ini berisi proses keperawatan dari Pengkajian, Diagnosa, Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi.

Indikator Mutu Klinik Keperawatan

Pada modul ini, form Indikator Mutu Klinik Rumah Sakit dan Keperawatan telah terintegrasi, sehingga perawat tinggal mengisikan form yang tersedia per hari dan Pokja Mutu Klinik tinggal mengambil rekapan data per bulan yang secara otomatis telah direkap.

SOP Perawatan

Standar Operating Procedure Perawatan jumlahnya sangat banyak. Dengan system ini, akan mengefisienkan kertas, karena SOP Perawatan ada dalam system (soft copy) yang dapat dibuka dan dipelajari oleh user.

Resume Perawatan

Resume perawatan dihasilkan dari aktifitas perawatan yang dilakukan untuk pasien selama dirawat. Resume perawatan dalam system ini, akan muncul secara otomatis saat pasien akan pulang.

Laporan Diagnosa Perawatan Terbanyak

Dokumen perawatan yang rapih dan diagnosa perawatan dengan bahasa standar, memungkinkan system menampilkan laporan dengan data yang valid.

Laporan Tindakan Perawatan Terbanyak

Laporan ini dihasilkan karena tindakan perawatan telah menggunakan bahasa standar keperawatan. Laporan ini dihasilkan bias per hari, per minggu, per bulan atau per tahun.

Laporan Implementasi

Laporan ini digunakan untuk melakukan audit tindakan keperawatan. Dengan adanya menu laporan implementasi, manajemen keperawatan dapat melakukan control dan evaluasi terhadap tindakan perawatan karena dalam menu ini mencantumkan nama tindakan, pelaksana, waktu dilakukan, nama pasien dan di ruang apa tindakan itu dilakukan.

Laporan Harian Perawat

Aktifitas yang cukup menyita waktu dari perawat adalah menuliskan laporan harian per shift untuk dijadikan panduan oleh perawat shift berikutnya. Dengan system ini, perawat per shift tidak perlu lagi membuat laporan dengan buku, tetapi system langsung menampilkan laporan terhadap aktifitas yang dilakukan dan rencana yang akan dilakukan kepada pasien tersebut.

Laporan Pendapatan Perawat

Laporan pendapatan perawat digunakan sebagai dasar dalam pemberian Jasa Perawatan (Jaspel). Dengan pendekatan kontribusi dan kinerja, pembagian jasa pelayanan diharapkan mampu meningkatkan kinerja perawat.


Aksi

Information

2 responses

20 10 2011
anna

Halo mas Jason,
Tulisan anda bagus sekali. Kalau boleh tahu, Rumah Sakit mana di Indonesia yang sudah menggunakan/mengaplikasikan SI Keperawatan yang seperti anda ceritakan ? siapa tahu kami bisa studi banding ke sana. TKB

jason :
silakan datang ke RS kami Mba. RSUD Banyumas, Jawa Tengah.

28 05 2015
siti aisah

k

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: