Akreditasi yang Efisien

3 11 2009

Silakan Saudara hitung, berapa rim kertas yang digunakan untuk dokumen Akreditasi Rumah Sakit satu pokja saja. Lebih lebih Pokja Perawatan. Kalau kita memiliki 20 ruang perawatan, maka siap siaplah kita harus mengcopy 20 buku protap perawatan untuk dibagikan ke ruangan.

Ilustrasi saja, sepekan yang lalu kami baru akreditasi. Dan protap perawatan, kami memiliki dua buku, yaitu protap tindakan perawatan yang kami kenal dengan instruksi kerja dan protap kebijakan. Protap TP saja, satu buku ada 514 lembar. Kalau ada 20 ruang perawatan, berapa lembar yang harus disediakan untuk protap saja? 10.280 lembar.

Belum lagi Standar Asuhan Keperawatan dan dokumen lain semisal kerangka acuan, ditambah kertas yang tidak terpakai karena salah print. Puluhan ribu lembar. Baru satu pokja. Lalu kalau 16 pokja?

Tapi bagi kami di pokja perawatan, kondisi itu adalah kondisi masa lalu. Fasilitas rumah sakit yang telah memiliki Sistem Informasi berbasis Teknologi Informasi telah mengantarkan kami pada efisiensi penggunaan kertas yang sangat luar biasa.

Protap yang jumlahnya sampai 514 lembar itu hanya ada satu, di Kantor Bidang Perawatan. Sementara di ruangan, cukup membuka Dokumen Elektronik Akreditasi, maka protap yang jumlahnya ratusan itu sudah ada di sana.

Itulah kelebihan Dokumen Elektronik Akreditasi yang kami miliki. Walaupun belum seluruh pokja memanfaatkan fasilitas ini, tapi ke depan, mudah mudahan itu semua segera terwujud.

Efisien, efisien dan lebih efisien lagi.

Bila Saudara berminat dengan efisiensi ini, silakan ikuti link ini.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: