Patient Safety Forum

4 04 2009

Awalnya hanya pembicaraan ringan diantara teman-teman perawat dan laporan beberapa teman tentang berbagai macam kasus yang terjadi pada pasien pasien kami. Dalam istilah Keselamatan Pasien disebuat KTD, Kejadian Nyaris Cedera sampai kasus Sentinel. Dari pembicaraan dan laporan, berujung pada keluhan dengan ungkapan pertanyaan, “Bagaimana kita menyelesaikannya kalau kondisinya begini?”

Sebuah pertanyaan yang menunjuk pada sebuah rasa frustrasi, pesimis dan putus asa. Perasaan kasihan kepada pasien, perasaan salah bahkan sampai perasaan ikut berdosa kadang harus dipikirkan sangat mendalam oleh teman-teman perawat. Kondisi yang ekstrim adalah ungkapan seorang teman, “Saya sampai tidak bisa tidur bila ingat peristiwa itu. Walaupun saya tidak bersalah, tapi betapa kejadian itu terjadi di depan saya.”

Ini adalah ungkapan kepedulian dan empati yang sangat dalam menyaksikan kejadian sentinel yang ada di hadapanya. Dari situlah rupanya Tuhan YME membimbing kami, sampai kemudian kami menemukan sebuah standar internasional tentang keselamatan pasien yang disebutnya IPSG (International Patient Safety Goals).

Ada 6 target penting dengan total 8 syarat yaitu :
Target 1; Syarat 1 : Identifikasi Pasien secara Tepat.
Target 2; Syarat 2 : Meningkatkan Komunikasi yang Efektif.
Target 3; Syarat 3 : Meningkatkan Keamanan Penggunaan Obat yang Membutuhkan Perhatian.
Target 4; Syarat 4, 5, & 6 : Mengurangi Salah Lokasi, Salah Pasien dan Salah Tindakan Operasi.
Target 5; Syarat 7 : Mengurangi Resiko Infeksi.
Target 6; Syarat 8 : Mengurangi resiko pasien cedera karena jatuh

Menggunakan konsep itu ditambah hasil seminar Patient Safety dari PERSI (Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia), diantaranya “Tujuh Langkah Keselamatan Pasien dan Strategi Umum mencapai Sasaran Keselamatan Pasien”, diramulah sebuah pelatihan untuk para manajer unit perawatan. Dan hasilnya…..?

Patut kiranya rasa syukur kepada Tuhan YME itu kita lantunkan…….

Karena ternyata brending saya sebagai motivator dan trainer masih tetap melekat dalam setiap alinea yang saya sampaikan dalam pelatihan itu. Optimisme, motivasi, gairah, semangat, keberanian dan kreatifitas itu muncul di arena pelatihan yang diikuti oleh 26 manajer unit perawatan itu. Betapa mereka menjadi sangat antusias untuk membudayakan keselamatan pasien, mereka begitu semangat untuk menjadikan keselamatan pasien sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari aktifitas perawatan mereka.

Hingga pada sebuah kesepakatan di luar dugaan, para manajer unit perawatan itu membentuk sebuah komunitas sendiri yang mereka namakan “Patient Safety Forum” yang akan dilaksanakan setiap hari Sabtu, jam 07.30-08.30 WIB untuk malakukan pelaporan kasus sepekan dan brain storming penyelesaian masalah keselamatan pasien yang ditemukan.

Bila komitemen dan budaya disiplin itu terwujud, bukan tidak mungkin Patient Safety Information System atau Sistem Informasi Keselamatan Pasien di Rumah Sakit akan menjadi bagian dari Sistem Informasi Manajamen Rumah Sakit yang sudah kami miliki.


Aksi

Information

4 responses

4 04 2009
psychiatric nursing

pak jason selalu slalu inovatif… yang lain blom kepikiran, ni dah dilakukan
maju terooooos…..!

jason:
Kreatifitas adalah seni menutupi sumber aslinya.

13 06 2009
mulyoto adhi

kasus prita salah satu contoh keterkaitan kes pas dalam pel kes.

2 05 2011
yusni

wah informasinya menarik pengen deh ada di makssar pelatihan manajemen resiko

13 05 2011
Akreditasi RS Baru « Nursing Informatic

[…] kemampuan kami yang ada di perawatan. Bahkan setahun yang lalu kami telah menuliskannya di blog ini di siniDalam Akreditasi yang baru pada bab keselamat pasien, sasaran yang akan dicapai antara lain […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: