Dari Mana Memulai….

29 03 2009

Semenjak saya posting “Standar Asuhan Kebidanan” sekitar seminggu yang lalu, setidaknya tulisan ini mendapatkan arus kunjungan terbanyak setiap harinya sekitar 20 kunjungan. Dan pelacakanpun menggunakan kalimat/kata Standar Asuhan Kebidanan atau Asuhan Kebidanan saja.

Melihat fenomena ini, prasangka baik saya, bahwa Komunitas Bidan / Profesi Bidan saat ini sudah banyak dan mungkin sangat banyak yang sudah familiar di dunia maya. Walaupun dari sekian banyak tidak ada satupun yang memberikan komentar, tapi prasangka baik saya, bahwa mereka memang bidan atau setidaknya mahasiswa kebidanan.

Saya memang belum melacaknya di Google Statistic. Tapi saya tetap yakin, bahwa Standar Asuhan Kebidanan banyak yang mencarinya, artinya…memang dibutuhkan.

Maka diskusi saya dan teman-teman bidan pun berlanjut. Bagaimana membuat standar asuhan kebidanan? Ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab yang saya berikan kepada teman-teman bidan :

1. Seperti apa instrumen yang digunakan untuk audit standar asuhan kebidanan. Bila di perawatan ada instrumen A, B dan C, bagaimana dengan yang di kebidanan?

2. Berapa bahasa baku / standar untuk masalah / problem yang ada di asuhan kebidanan? Ini sangat penting untuk penyusunan database asuhan kebidanan berbasis elektronik.

3. Dalam rangkaian diagnosa kebidanan juga memiliki etiologi. Maka juga perlu ada kepastian bahasa yang standar, sehingga jumlahnya pun bisa dihitung.

4. Sampai pada intervensi pun juga saya yakin bisa diinventarisir oleh temen-temen bidan, ada berapa jumlah intervensi yang ada di profesi ini?
Mendapat beberapa pertanyaan ini, temen-temen memang akhirnya harus bekerja keras untuk mendapatkan itu semua. Saya tidak tahu dari mana mereka memulainya.

Tapi dengan semangat teman-teman bidan yang luar biasa, mungkinkan Standar Asuhan Kebidanan dengan menggunakan “bahasa standar” akan dimulai dari Komunitas Bidan di RSU Banyumas?
Wallohua’lam…….


Aksi

Information

One response

1 04 2009
hendi

emang betul pak, blog saya juga ada kenaikan 300% sejak ada postingan kebidanan/keperawatan maternitas. Jadi ada 2 kemungkinan pengunjung pak, mahasiswa keperawatan yang sedang ngambil maternitas dan atau memang mahasiswa kebidanan..

Tinggalkan Balasan

