NIC dalam WPA

5 03 2009

Saya percaya, temen-temen perawat di Ibu Kota telah memahami dan mungkin sebagian besar telah mengikuti Uji Kompetensi dengan WPA (Work Place Assesment) yang diadakan oleh PPNI DKI Jakarta bekerja sama dengan Batavia Nurse Training Centre & BNSP.

Kami yang di daerah pun dalam waktu dekat InsyaAlloh akan ikut trainignya menjadi Assesor. Dari modul dan contoh kompetensi yang harus dimiliki perawat, ternyata kami menemukan sesuatu yang berbeda di tempat kami dibandingkan dengan institusi di DKI Jakarta atau daerah lain pada umumnya.

Perbedaan itu terlihat pada Kelompok Kompetensi Inti. Karena kami menerapkan NIC di institusi kami dalam membuat SOP atau Istruksi Kerja, maka mau tidak mau kami harus menyesuaikan dengan kondisi lapangan. Di sinilah, kami menyadari betul, para assesor di tempat kami nanti mau tidak mau harus membuat deskripsi kompetensi dengan menyesuaikan kepada NIC. Terasa berat memang, tapi itulah konsekuensi ketika kita menerapkan konsep baru dengan pendekatan SNL (NNN) dalam dokumentasi keperawatan.

Protap, SOP atau Instruksi Kerja semua harus di update, menyesuaikan dengan sumber aslinya. Tapi bagi kami dan teman-teman tantangan itu malah mejadikan kami bergairah, karena di sana banyak seni dan kreatifitas yang kemudian muncul. Maka semoga WPA itu segera bisa Run, dan tentu kita akan menjadi semakin lebih kompeten dan dihargai.


Aksi

Information

14 responses

3 05 2009
Ahmad Alwi

Saya Alwi… Master Asesor dari Bidang keperawatan sekaligus manajer operasioanl Batavia Nurse Training Centre (BNTC). Belum semua juga perawat di DKI Mengerti tentang WPA tapi bebrapa rumah sakit telah disosialisasikan. dan yang memang banyak yang telah mengikuti pelatihan ini diantaranya RS pertamina, RSCM, Aliasi Keperawatan carolus dll. Insya Alalh dari Banyumas akan mengirim ya…..
Semoga dengan sisitem ini merupakan langkah awal untuk membangun kompetensi perawat di Indonesia.
Terima kasih Pak Jason atas telah memasukkan nama BNTC di Blog ini.
Jika ada yang mau mengikuti pelatihan Asesor dapat menghubungi saya di 08161601921 atau Sekretariat BNTC-PPNI DKI Komplek Ruko Cempaka Mas Blok M1 No. 42-42 Jl. Letjend Soeprapto Jakarta Pusat telp 021-4255015 fax 4255150.

jason:
Ok…makasih banyak atas support nya. Kami butuh bimbingan sebanyak-banyaknya mas Alwi. Sekali lagi makasih….

3 08 2009
Uji Kompetensi ala RSU Banyumas « Nursing Informatic

[…] adalah saat menyusun Standar Kompetensi Lokal yang kami miliki. Seperti postingan sebelumnya “NIC dalam WPA“, mau tidak mau kami harus bekerja keras menyusun Standar Kompetensi itu. Untung….SOP […]

9 10 2009
budiyanto

tanggal 3 nopember 2009 kami perawat YAKKUM (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum)telah mengikuti uji menjadi asesor kompetensi di STIKES BETHESDA Yokyakarta.
puji Tuhan kami semua lulus / kompeten, setelah melalui berbagai tahapan yang sangat menegangkan karena merupakan hal baru bagi kami
terima kasih kepada para master asesor yang telah membimbing kami dan kepada teman-teman atas peneguhannya sehingga semuanya bisa berjalan lancar

24 01 2010
Mulyadi Fadjar

Mohon btn info tempat, waktu, biaya dan info terkait utk mengikuti Pelatihan Assesor, Trims mas

24 01 2010
Jason

Silakan hubungi 08161601921 atau Sekretariat BNTC-PPNI DKI Komplek Ruko Cempaka Mas Blok M1 No. 42-42 Jl. Letjend Soeprapto Jakarta Pusat telp 021-4255015 fax 4255150.

25 01 2010
Mulyadi Fadjar

Terima kasih informasinya

4 03 2010
wildan

mohon info akomodasi murah dekat dgn lokasi pelatihan

20 10 2011
MUCHLISIN BEDAH

Hai perkenalkan saya muchlisin, perawat RSUP Dr Kariadi Semarang………
bulan mei kemarin Rs Kariadi telah mengadakan pelatihan tentang asesor kompetensi keperawatan oleh Batavia Nurse Training Centre (BNTC).Saat ini kami sedang menyusun perangkat assesmen dan Insya Allah akan segera selesai dan mulai untuk uji kompetensi perawat.Semoga perawat RS Kariadi menjadi lebih maju dan profesional seiring dengan harapan Joint Comission Internasional ( JCI ) di tahun 2013………..

jason : semangat!!!

3 04 2013
Jason

Ok, Mas. Semangat!!!

2 04 2013
arita murwani

mohon informasi pelatihan asesor terdekat dimana dan kapan?hormat kami Arita murwani

3 04 2013
Jason

Silakan hubungi Pak Ahmad Alwi, Email: ahal76@yahoo.com

30 06 2014
savitri susilowati

ada info pelatihan asesor thn 2014?

25 08 2015
Sinndy

Saya sudah mencoba menghubungi nmr diatas tapi nomor ponsel tidak aktif. untuk nomor telkomsalah sambung. Apakah pak jason tau prosedur untuk mengikutipelatihan asesor perawat dan bidsan sehubungan dengan salah satu tugas sub komite keperawatan: credential. terimakasih

25 08 2015
Jason

Untuk asesmen kompetensi skrg dikelola oleh HPMI. Silakan hubungi Ketua Umum HPMI di no 0811963371

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: