Era Baru Dokumentasi Perawat

27 10 2008

Bila kita amati perkembangan Dokumentasi Asuhan Keperawatan dari waktu ke waktu, mungkin kita sepakat dan bersama-sama akan mengatakan “apa yang berbeda” dari tahun 90 an sampai hari ini? Kita dan mayoritas dosen, ketika mengajar Dokumentasi Asuhan Keperawatan atau Proses Keperawatan, hanya mengajarkan apa yang dulu pernah kita terima ketika masih kuliah. Kita sampaikan Pengkajian, Diagnosa Keperawatan, Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi. Tidak ada yang menarik di sana dari tahun ke tahun.

Saya yang kebetulan pernah sekolah di SPK, kemudian DIII dan diberi kesempatan Kuliah S1, hampir tidak ada perkembangan yang menarik yang musti kita pelajari, yang telah menjadi kesepakatan bersama di profesi ini. Sampai-sampai seorang temen dulu nyindir kepada saya dengan bertanya,”Apa bedanya SPK dan Akper?” Kata dia, “Kalau SPK menulis diagnosa keperawatan dengan kalimat ‘sehubungan dengan’, tapi kalau Akper ‘berhubungan dengan’.

Saya dan saudara boleh tersinggung dengan ungkapan temen saya tadi, tapi waktu itu memang kenyataannya begitu. Sampai kemudian saya mendapat kesempatan untuk kuliah di PSIK UGM Yk. Di sana dosen-dosen kami mendorong dan memperkenalkan apa yang disebut NANDA, NOC dan NIC. Walau begitu, aplikasi di lapangan untuk menerapkan 3N itu bagaimana, kita masih harus meraba-raba sendiri. Maka forum diskusi ini mudah-mudahan bisa memacu kita untuk bersama-sama mempopularkan 3N itu.

Manajemen Asuhan Keperawatan dan Sistem Informasi yang didesign oleh kami merupakan aplikasi dari Teori Dokumentasi Asuhan Keperawatan yang diajarkan dalam Mata Kuliah Pendidikan Keperawatan. System Informasi berbasis IT ini diperlukan oleh kita baik yang masih aktif sebagai mahasiswa keperawatan sebagai bahan tambahan pengetahuan dan wawasan, sehingga tidak tertinggal oleh perkembangan keperawatan yang ada di institusi pelayanan kesehatan, maupun bagi kita yang ada di institusi pelayanan kesehatan sehingga kita tidak terlalu tertinggal dari profesi lain khususnya dokter.Sistem Informasi berbasis Teknologi (IT) yang kami susun diawali dengan penggunaan Standard Nursing Language (SNL), yang selama ini tidak populer di negara kita, bahkan teman kita sendiri masih banyak yang berkomentar miring dan cenderung mengejek. Padahal SNL merupakan dasar bagi kita untuk bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan profesi lain terutama dokter (lihat tulisan Anis Fuadi atau makalah seminar Prof. Hari Kusnanto tentang Sistem Informasi Rumah Sakit).

Bila SNL ini bisa diterima di Indonesia, sesungguhnya Sistem Informasi Keperawatan (Nursing Informatic) akan memasuki realita baru yang lebih powerfull. Mengapa demikian? Kaena SNL inilah yang akan mengajak kita untuk bersama-sama melangkah satu irama karena penggunaan bahasa yang sama untuk profesi keperawatan yang ita cintai ini.


Aksi

Information

2 responses

16 07 2008
zani pitoyo

Bahasa Keperawatan Standar (SNL) berangkat dari kebutuhan lembaga profesi (ANA) PPNI-nya Amerika Utara untuk menyeragamkan dengan membentuk Komisi Pengarah Datadasar untuk memdukung praktek klinik keperawatan.

Jadi berangkat dari kebutuhan-kebutuhan yang dilihat oleh masyarakat keperawatan amerika.

SNL untuk kita? boleh! tapi saya yakin kita belum mempersiapkan tahapan-tahapan yang diperlukan sebelumnya. Kita ketinggalan jauh..

Salam Kenal Mas Jason, gimana kalau kita membentuk komunitas blogger perawat.

Salam

11 08 2008
nur hidayah

salam…kenal!
Pak/Mas Jason, saya adalah salah satu peserta “Pelatihan NANDA, NIC, NOC” di UMM kemarin perwakilan dari teman-teman di pendidikan keperawatan (STIKES YARSI Sby).
Saya menyambut gembira tentang hal ini, langkah maju yang dicapai teman teman di pelayanan. Namun terus terang, saya kurang paham apa yang disampaikan pembicara dari RS Banyumas berkenaan dengan IT-nya.
Hal ini juga dialami oleh hampir semua peserta.
Bagaimana kalau Pak Jason menjelaskan kembali dalam Blog, sekilas tentang SNL terutama tentang IT-nya.
Beban mental bagi saya dan teman-teman di pendidikan untuk mensosialisasikan 3N, SNL with IT, sementara kita sendiri tidak paham betul hasil pelatihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: