Pelayanan Kerohanian di Rumah Sakit

24 08 2012

Salah satu hak pasien yang harus dipenuhi oleh rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada pasien adalah Pelayanan Kerohanian di rumah sakit. Standar akreditasi KARS versi 2012 menempatkan standar ini dalam Bab Hak Pasien dan Keluarga, Standar 1.1. Pelayanan dilaksanakan dengan penuh perhatian dan menghormati budaya dan kepercayaan pasien. Standar 1.1.1. Rumah sakit mempunyai proses untuk berespon terhadap permintaan pasien dan keluarganya untuk pelayanan rohaniwan atau sejenisnya berkenaan dengan agama dan kepercayaan pasien.Maksud dan tujuan dari standar ini adalah bahwa setiap pasien memiliki budaya dan kepercayaan masing-masing dan membawanya kedalam proses pelayanan. Beberapa nilai dan kepercayaan yang ada pada pasien sering bersumber dari budaya dan agama. Terdapat pula nilai dan kepercayaan yang sumbernya dari pasien saja.

Semua pasien didorong untuk mengekspresikan kepercayaan mereka dengan tetap menghargai kepercayaan pihak lain. Oleh karena itu keteguhan memegang nilai dan kepercayaan dapat mempengaruhi bentuknya pola pelayanan dan cara pasien merespon. Sehingga setiap praktisi pelayanan kesehatan harus berusaha memahami asuhan dan pelayanan yang diberikan dalam konteks nilai-nilai dan kepercayaan pasien.

Apabila pasien atau keluarganya ingin bicara dengan seseorang berkenaan dengan kebutuhan keagamaan dan rohaninya, rumah sakit memiliki prosedur untuk melayani hal permintaan tersebut. Proses tersebut dapat dilaksanakan melalui staf bidang kerohanian, dari sumber lokal atau sumber rujukan keluarga. Proses merespon dapat lebih rumit, misalnya, rumah sakit atau negara tidak mengakui sumber agama atau kepercayaan tertentu yang justru diminta.

Baca selanjutnya Kebijakan Pelayanan Kerohanian

About these ads

Aksi

Information

One response

1 02 2013
clara

Mohon dijelaskan tentang cara kerja bagi rumah sakit spiritualitas .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: