Apakah Teknologi Informasi akan Merubah Wajah Perawat Indonesia?

5 12 2011

Berawal dari Raker Direktorat Perawatan Dirjen BUK Kemenkes tentang Penyusunan Standar Sistem Informasi Manajemen Keperawatan, Standar Bahasa Keperawatan (SNL-Standar Nursing Language) mulai mengemuka. Semua pemerhati Teknologi Informasi (TI) paham betul bahwa untuk menyusun Sistem Informasi membutuhkan bahasa standar bila sistem itu ingin bermanfaat dan memudahkan dalam pekerjaan. Bila tidak mengunakan bahasa standar, maka TI hanya akan mempersulit dan membuat pekerjaan perawat semakin banyak.

Tindak lanjut dari raker pertama, penyusunan Grand Desain SIM Keperawatan pun dilanjutkan pada 28 November -1 Desember 2011 di Bogor. Diskusi yang hidup, perbedaan pendapat yang tajam dan kesepakatan-kesepakatan yang baik, mengemuka dalam pertemuan 4 hari itu. Gabungan  klinisi,  manajemen perawat dan pakar-pakar TI, menghasilkan kesepakatan yang sama, yaitu diperlukan standar bahasa keperawatan di Indonesia yang sebelumnya telah saya kenalkan dengan istilah SNL.

Tap memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa catatan yang mesti dipikirkan untuk bisa menerapkan SNL itu:

  1. Perlu disepakati standar bahasa mana yang akan digunakan, apakah NANDA, NIC, NOC atau ICNP yang popular di Eropa.
  2. Organisasi profesi mestinya yang paling berhak untuk membicarakan dan menentukan mana yang akan dipakai, sehingga organisasi profesi tidak boleh mengabaikan persoalan ini.
  3. Kurikulum pendidikan perawat (AIPNI) juga musti merespon, sehingga yang diajarkan di kampus akan sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Diretorat Keperawatan Kemkes.
  4. Perlu dipikirkan juga perubahan standar tindakan keperawatan yang diajukan untuk pengusulan angka kredit perawat, karena juga harus sesuai dengan standar bahasa keperawatan yang disepakati.
  5. Seminar, Workshop dan Pelatihan tentang SNL harus digalakan dan dianggarkan baik oleh Kemkes, AIPNI maupun PPNI.

Dan saya yakin ini akan merubah wajah perawat Indonesia, walaupun pro kontra pasti akan muncul dalam perjalanannya.

Aksi

Information

5 responses

16 12 2011
addien

saya sangat mendukung dengan perjuangan Bpk dalam mengembangkan SIM Kep, dan saya sangat tertarik ingin menambah pengetahuan tentang SIM Kep ini. Saya meminta rekomendasi buku2 bacaan tentang SIM Kep
Mohon Bantuan dan bimbingannya
terimakasih

20 12 2011
andaners

sangat menarik…

28 12 2011
addien

Betapa sakit hati rasanya ingin meminta bantuan tapi malah diBLOKIR,
semoga Allah memberikan ketabahan, jalan keluar dan alternatif yang lain
“setelah kesulitan akan datang kemudahan”
maaf jika Anda merasa tertanggu . . .

29 12 2011
Jason

Mohon maaf apanya yang diblokir Mba? Facebook?
Harap diketahui, mulai hari Rabu, 28 Desember 2011 pkl 11.00 WIB account Facebook saya dinonaktifkan dengan berbagai alasan sampai batas waktu yang tidak bisa saya tentukan.
Posting FB saya terakhir sudah saya sampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya. Bila Mba Addien merasa terganggu, email dan blog saya masih aktif.

Jangan berprasangka buruk dahulu. Kalau saya tidak mampu memenuhi permintaan Anda, bukan karena saya tidak mau membantu, tapi memang saya tidak punya buku referensi apapun tentang SIM Keperawatan. Tulisan saya di blog ini adalah tulisan lepas yang tidak bisa dipertanggung jawabkan secara akademik. Bahwa saya punya itikat baik adalah dengan melakukan moderasi sehingga pertanyaan Anda terbaca oleh publik, dengan harapan ada pembaca lain yang bisa membantu.

Tentang Facebook saya, perlu juga dibaca tulisan dari seorang teman di sini http://strategimanajemen.net/2009/03/16/blackberry-facebook-dan-hancurnya-peradaban-membaca/#more-598. Walaupun itu bukan alasan utama saya menonaktifkan account Facebook saya.
terimakaksih

30 12 2011
addien

Saya minta maaf yang sebesar2nya Pak, karena Saya bukan facebookers jadi setahu Saya itu mirip tanda2 diblokir. jadi sekali lagi beribu-ribu maaf karena sudah suudhon.
1 lg Saya bukan mba, tapi lelaki.
insyaAllah Saya akan kirim pesan lewat email.

terimakasih

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

