Diagnosa Kebidanan

5 11 2009

Tak sengaja, ada buku yang menurut saya cukup bagus, saya ambil dari rak lemari di kantor. Buku itu berjudul “Pedoman Manajemen Kebidanan” yang dikeluarkan oleh Subdit Kebidanan & Perinatal Direktorat Keperawatan dan Keteknisan Medik Depkes RI. Buku itu saya ambil dan saya baca point point penting dalam buku itu.

Aha…mungkin ini yang saya cari. Dalam subjudul Proses Manajemen Kebidanan di langkah dua disebutkan tentang merumuskan Diagnosa Kebidanan. Di sana disebutkan tentang “nomenklatur standar diagnosa”. Tapi saya cari daftar nomenklatur di buku itu ternyata tidak ada.

Sayapun iseng, searching di Google dengan keywords itu. Setelah beberapa alamat web dan blog saya buka, akhirnya saya dapatkan nomenklatur itu lengkap dengan referensinya. Silakan kunjungi blog itu di sini

Tapi kemudian pertanyaan berikutnya muncul, apakah referensi yang disebutkan cukup banyak itu ( WHO, UNFPA, UNICEF, World Bank (2000) I M P A C (Intergrated Management of Pregnancy And Chilbirth), Managing Complications in Pregnancy and Childbirth : A Guide for Midwives and dovtor, Departement of Reproductive) semua menampilkan daftar nomenklatur itu atau dari 68 daftar diagnosa kebidanan itu diambil dari berbagai macam buku?

Ini menjadi penting, karena dalam Sistem Informasi Manajemen Kebidanan berbasis Teknologi Informasi khususnya dalam Proses Asuhan Kebidanan yang sedang kami rancang sangat membutuhkan Standar Bahasa Kebidanan.

Dalam berbagai nomenklatur yang dimiliki oleh berbagai macam profesi, rata rata penerbitnya adalah tunggal.

Sebagai contoh : ICD X – WHO, ICD 9 CM-PMIC, CPT 4-AMA, DSM IV-APA, NIC-Mosby dll.

Maka kami sangat membutuhkan referensi yang pasti, yang memang memuat daftar nomenklatur Diagnosa Kebidanan itu. Ini akan menjadi terobosan dan kemajuan yang luar biasa bagi profesi kebidanan di Indonesia. 68 Diagnosa Kebidanan sudah sangat cukup untuk membangun profesi ini menjadi lebih mandiri.

Aksi

Information

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 72 pengikut lainnya.

