Uji Kompetensi ala RSU Banyumas

3 08 2009

Setelah melalui proses yang cukup melelahkan, akhirnya sampai juga pada saat kritis dari rangkaian Uji Kompetensi Perawat RSU Banyumas. Diawali dengan sosialisasi beberapa kali, pembekalan untuk para calon assessor, dilanjutkan dengan workshop penyusunan standar kompetensi dan hari ini mulailah Bimbingan Teknis Uji Kompetensi yang diperuntukan bagi perawat gelombang pertama.

Dari jumlah keseluruhan 334 perawat, hari ini baru diadakan Bintek untuk 31 orang. Kami tidak tahu, apakah ini dibenarkan atau tidak. Tapi langganan bagi kami, Uji Kompetensi dengan pendekatan WPA seperti yang kami dapatkan support nya dari BNSP, nekat saja untuk kami lakukan.

Kita support teman-teman kita yang sudah mengikuti pelatihan asseseor di BNTC Jakarta, untuk segera melakukan Uji Kompetensi itu dengan berbagai macam keterbatasan dan kendala.

Saat ini kami belum bisa menggandeng BNSP, karena alasan klasik yang kami miliki, “anggaran”. Sehingga Uji Kompetensi yang kami lakukanpun, hanya berbicara tentang standar lokal. Mudah mudahan ke depan kami bisa mengundang BNSP untuk memberikan sertifikat Uji Kompetensi kepada perawat perawat kami, untuk kemudian dapat dijadikan acuan jenjang karir perawat, di Pemerintah Daerah (Pemda) kami.

Yang cukup melelahkan bagi teman teman adalah saat menyusun Standar Kompetensi Lokal yang kami miliki. Seperti postingan sebelumnya “NIC dalam WPA“, mau tidak mau kami harus bekerja keras menyusun Standar Kompetensi itu. Untung….SOP SOP yang kami miliki telah megacu ke NIC semua.

Jadi…..SEMANGAT……adalah modal untuk manjalankannya.

About these ads

Aksi

Information

3 responses

15 08 2009
Samsul Arifin, SKep

assalamu’alaikum wr.wb.
salam kenal pak Jason, luar biasa terobosan yang dilakukan di SIK RS Banyumas, dipadukan dengan uji kompetensi dengan standar kompetensi dan SOP yang sudah berdasarkan SNL!! maaf pak, bolehkan saya mendapatkan informasi tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan uji kompetensi, dan sekalian minta contoh standar kompetensi/SOP yang ada di RS Banyumas? Terima kasih pak,

jason:
waalaikum sallam..salam kenal balik….
untuk Uji kompetensi, silakan mas samsul hub BNTC saja. HP dan alamatnya ada di kolom komentar “NIC dalam WPA”.

23 03 2010
welas

kompetensi apa saja sih yangdiujikan…? apa tergantung dari PKnya yaitu 1,2,3,4 atau 5. Terima kasih

jason:
Banyak Mas. Cuma saat ini kami baru 23 kompetensi dasar sebagai konsentrasi awal. kalau pengin tahu lebih lengkap, gabung aja dengan BNSP jakarta

27 04 2010
Ahmad Alwi

Selamat Ya Pak Jason…. Yang penting semangatnya dulu untuk membantu teman-teman perawat dalam Continuing Proffesssional Development melalui Asssessing, maintening dan develop. Kita mulai dulu terus pelan-pelan kita perbaiki. RSCM Jakarta juga sudah melaksanakan asesmen kompetensi perawat dengan armada 30 orang asesor yang mengases 1500 perawat di lingkungan RSCM dan telah menambah armada baru sejumlah 30 orang asesor baru.

Siloam Hospitals terutama lippo village juga akan segera melaksankan WPA walaupun sudah mendapat sertifikat International.

Selamat ya untuk teman-teman di Banyumas…. Salam buat mas Pujo Rohadi… teman sekelas di Akper yang juga selalu bersemangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 68 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: