Belajar NANDA, NIC, NOC di IPKJI Jawa Timur

21 03 2008

Merupakan sebuah penghormatan bagi saya, ketika Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Wilayah Jawa Timur mengundang saya sebagai pembicara dalam Pelatihan Aplikasi NANDA Diagnosis, NIC dan NOC berbasis IT yang diikuti oleh para perawat jiwa perwakilan dari perawat rumah sakit jiwa se Indonesia di University Inn Universitas Muhammadiyah Malang, 17-19 Maret 2008 yang lalu.
Saya sebagai orang yang belajar 3N (NANDA, NIC, NOC) secara autodidak, awalnya grogi karena yang hadir di sana adalah senior-senior perawat di IPKJI. Saya yang direkomendasikan oleh Ibu Intansari Nurjanah, MNSc sebagai pelengkap presentasi Beliau, bagaimana tidak grogi karena di sana hadir juga sebagai pembicara, Dr. Budiana Keliat, M.App.Sc, yang kita semua tahu kapasitas Beliau. Tapi saya percaya, Beliau adalah orang yang rendah hati, selalu berpikiran positif, selalu mendukung terhadap kemajuan profesi perawat dan lain-lain. Dari keyainan itulah, rasa PD saya muncul dan saya mengambil sisi positif itu, walaupun mungkin Beliau belum sepakat dengan konsep 3N.

Ternyata apa yang terjadi berikutnya, sungguh sesuatu yang sangat luar biasa ketika Ibu Intansari menyampaikan konsep 3N, yang menurut pengakuan Beliau juga belajar 3N secara autodidak. Ditegaskan oleh Beliau, Beliau tidak pernah mengikuti seminar atau pelatihan tentang 3N. Beliau hanya belajar dan menganalisis dari buku-buku yang mengupas atau berhubungan dengan 3N.
Banyak yang saya dapatkan dari Beliau, walaupun yang disampaikan banyak yang berhubungan dengan Perawatan Jiwa, tapi setidaknya apa yang saya pahami tentang 3N tidak jauh berbeda dengan yang Bu Intan pahami (baca buku-buku Beliau : Fast Method, Halusinasi, Risiko Kekerasan dll yang semuanya tentang 3N).

Beberapa koreksi sebagai pelengkap pemahaman saya tentang 3 N antara lain:

1. Pengkajian

Pada pengkajian, yang selama ini saya hanya mengenal 11 Pola Fungsional Gordon dan 13 Divisi Doengoes & Moorhouse, tapi dalam buku NIC terbaru (2008) kalau tidak salah, di sana disebutkan yang lain: Pengkajian Maslow, Pengkajian Orem, Pengkajian Stuart bahkan NANDA sendiri mengeluarkan format pengkajian juga.

Apa artinya? Bagi teman-teman perawat yang berkecimpung di perawatan jiwa, pengkajian Stuart tentu sangat familier. Dan Stuart sendiri, label diagnosa perawatannya menggunakan NANDA. Dan bagi teman-teman yang lain, yang mungkin lebih familier dengan pengkajian Orem atau Maslow, boleh-boleh saja menggunakannya, yang jelas semuanya link ke NANDA.

Ahaaa…. bagaimana dengan Mahasiswa? Very Good kan? Mahasiswa mestinya dipersilakan untuk menggunakan pendekatan apapun, boleh Gordon, boleh Moorhouse, boleh NANDA, boleh Stuart, Orem. Mahasiswa musti diberi kebebasan untuk menguasai semua, karena mereka harus berfikir kritis. Masalahnya, kita yang jadi dosen sudah siap belum menerima perbedaan itu?

Lebih dari itu, data-data yang selama ini bagi kita tidak terlalu terpikirkan, ternyata Bu Intan mendapatkan data itu dan menyajikannya dengan penuh keyakinan, bahwa data itu bermakna.
Beliau mencontohkan kata ‘banana’. Masa ada kata ‘pisang’ masuk sebagai batasan karakteristik Diagnosa Perawatan? Eeeee…. ternyata benar. Silakan buka buku Diagnosa NANDA-I 2008 bagian Latex Allergi.

Terhadap berbagai kata yang bermakna untuk memahami Diagnosa Perawatan NANDA ini, Beliau menyusun buku dengan judul “Fast Method”. (beli lho ya, jangan membajak dengan foto copy).

2. NANDA

Di Edisi NANDA 2008 ada kalimat yang menjadi fokus konsentrasi saya, di sana disebutkan panjang lebar dengan judul Nursing in The Era of Electronic Patient Records. Selengkapnya tentang ini, akan saya tulis dalam bahasan setelah ini mudah-mudahan.

Selain itu, ada pemahaman baru yang Bu Intan sampaikan, bahwa kita harus membedakan antara Diagnosis, Nursing Diagnosis dan Label Diagnosis. Apa sih perbedaannya? Sayang sekali makalah Beliau saya tidak copy, sehingga pembahasan lengkapnya belum berani saya tampilkan di tulisan ini.

Yang baru lainnya tentang formulasi Diagnosa Perawatan. Yang kita pahami selama ini bahwa formulasi Diagnosa Perawatan kita selalu PES atau PE. PES digunakan untuk Diagnosa Aktual, sedang PE digunakan untuk Diagnosa Risiko. Tapi ternyata menurut pemahaman Beliau, ada satu lagi yaitu P (Problem) saja. Formulasi ini digunakan untuk diagnosa Kesejahteraan. Diagnosa Potensial, yang apabila tidak dilakukan intervensi akan menuju ke arah Risiko.

3. NIC

Pada buku NIC edisi 2000, kita hanya mengenal label NIC sebanyak 430 item, sekarang di edisi 2008 teryata telah bertambah menjadi 542 label NIC. Dan salah satu yang saya dan beberapa teman terkaget adalah, bahwa ECT (Elektronic Convultion Therapy) yang sangat familier di perawatan jiwa, di edisi NIC 2008 telah masuk dalam daftar NIC.

Horas buat teman-teman IPKJI yang telah merespon perkembangan 3N. Mudah-mudahan di KONAS V IPKJI tahun ini, dapat merekomendasikan 3N menjadi dokumen yang standar bagi perawatan jiwa di Indonesia.

About these ads

Aksi

Information

9 responses

15 11 2008
mursi

Sebagai orang yang baru terjun ke keperawatan jiwa, saya sangat tertarik dengan blog anda.Salam kenal..

jason :
Salam kenal balik Mas Mursi. Yuk kita ramaikan dunia virtual ini sebagai aktifis bloger. Dah daftar ke http://aggregator.perawat.web.id belum? Daftarin aja ke mas Doni di sana. Asyik deh…

8 01 2009
dwi

lam kenal mas jason…blognya asyik mas kalo menupas masalah 3 N,soalnya jarang sekali yang mau berkecimpung disitu..sukses untuk ipkji nya juga…maju terus perawat jiwa

4 09 2009
kamal

salam kenal mas. Sy dr makassar kayaknya butuh info banyak ttg 3N

jason:
silakan untuk email, mdh2an sy bisa membantu

4 01 2010
kamal

ma ksh mas, bs ndak sy dibagi info metode belajar mengajar ttg 3N untuk aplikasi program diploma tiga dan ners

17 03 2010
Nur Weni

salam kenal..walaupun harapan akan diaplikasikannya 3N jauh dan belum dapat mempengaruhi kebijakan pelayanan dan pendidikan..tetap semangat..action locally jalan terus..

jason : lam kenal balik. amieeen…..

25 03 2010
syamsul rizal

asw.wr,wb gimana dapatkan nanda nic dan noc download gratis trima kasih

11 07 2010
jerry

salam,selama ini saya masih binggung dalam mengaplikasikannya,tolong dong mas gimana caranya klo boleh sekalian contoh konkriynya….

12 07 2010
Jason

Silakan hadiri trainingnya 2-4 Agustus 2010 di Atrium Hotel Purwokerto. Download leafletnya di link berikut : http://nursinginformatic.wordpress.com/2010/07/09/akreditasi-dengan-snl/

8 05 2011
Tami

Aku alumni akper 2004,skrg lg kuliah S1kep yg kesulitan cari pohon mslh,SP & TAK yg terbaru ttg demensia pd lansia,,krn di zaman aku kuliah msh pake TUK,,Bisa tlg bantuannya utk kirimkan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: